MENINGKATKAN AWARENESS TENTANG BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH
Abstract
Bullying di sekolah dasar adalah fenomena yang sering kali tersembunyi namun memiliki dampak yang mendalam pada perkembangan anak-anak. Anak sekolah dasar cenderung menganggap biasa ketika mereka mengejek, memukul dan menghina temannya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk mengedukasi dan meningkatkan awareness tentang bullying dan dampaknya terhadap kesehatan mental anak-anak. Kegiatan ini diikutioleh 15 siswa yang tergabung di Taman Pendidikan Al Quran Ar Rasyid Bangkalan. Kegiatan ini dimulai dengan pengisian kuesioner Olweus bully/victim untuk menjaring apakah diantara siswa sudah ada yang menjadi pelaku dan atau korban bullying, dilanjutkan dengan pemberian edukasi. Hasilnya adalah diantara siswa ada yang menjadi pelaku dan korban bullying, serta ada peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang bullying dan jenisnya serta dampaknya. Pemahaman adalah hal dasar yang yang harus diketahui dan ditanamkan pada siswa sekolah dasar sebagai landasan etika pertemanan yang suportif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Olweus D, Limber SP. Bullying in school: Evaluation and dissemination of the Olweus Bullying Prevention Program. American Journal of Orthopsychiatry. 2010;80(1):124–34.
Vinayastri A, Tjalaa A, Arthur R. Development of Early Detection Instruments of Building Intention in Elementary School Students. Technium Social Sciences Journal. 2023 Jun;44:174–88.
Sofyan FA, Wulandari CA, Liza LL, Purnama L, Wulandari R, Maharani N. Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada. 2022 Dec 29;1(04):496–504.
Candrawati R, Setyawan A. Analisis Perilaku Bullying terhadap Motivasi belajar Anak Sekolah Dasar. Vol. 1, PANDU Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum. 2023.
Unicef. Perundungan di Indonesia : Fakta-fakta kunci, solusi dan rekomendasi. Jakarta; 2020.
KPAI. Laporan Akhir Tahun . Jakarta; 2022.
Widodo STM, NIta V. Pencegahan Bullying diSekolah Dasar melalui Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Jurnal Komunikasi Pendidikan . 2019;3(1).
Amelia NP, Suryani, Hendrawati S. Perilaku Bullying dan Dampaknya yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak. 2022 Nov;5(1).
Sukawati A, Muiz DA, Ganda N. Fenomena Bullying Berkelompok di Sekolah Dasar. Pedadidaktika Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2021;8(2):354–63.
Oktaviany D, Ramadan ZH. Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA. 2023 Jul 14;9(3):1245–51.
Maysarah, Bengkel. Pentingnya Edukasi Anti-Bullying pada Anak Sejak Dini di Panti Asuhan Ar-Rahman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial dan Humaniora. 2023;2(1):9–15.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i8.2784-2787
Refbacks
- There are currently no refbacks.