PERAN INSTRUKTUR BACA DAN TULIS AL-QUR’AN DALAM MENGUATKAN KEMAHIRAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA MASYARKAT DESA MAMUYA KECAMATAN GALELA KABUPATEN HAMAHERA BARAT

Muhammad Wardah, Agustang K, Sugirma Sugirma, Afwan Adam

Abstract


Artikel ini merupakan hasil dari giat pengabdan masyarakat yang dilaksanakan dengan menggunanakan metode Partisipatory Action Research (PAR), dimana Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Ilmu al-Qur’an dan Tafsir IAIN Ternate secara langsung berpastisipasi dan terjun langsung dalam komunitas masyarakat, yakni warga masyarakat yang ada di Desa Mamuya Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara, untuk merepresenatikan hasil kajian dan analisa akademik yang dirancang melalui sebiah kebiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Adapun data dan informasi yang diperoleh di masyarakat, kemudian diolah dan dianalsis dengan pendekatan deskriptif kualitataif untuk kemudian dijabarkan secara deduktif dan selanjutnya ditarik sebuah kesimpulan Hasil dari analisis kegiatan ini disipulkan dua hal. Pertama, membaca al-Qur’an di Desa Mamuya Kecamatan Galela Kabupaten Halmahera Utara, diajarkan dengan masih menggunakan cara lama yang berkembang di masyarakat seperti metode Bagdadiyah dan metode Iqra. Kedua, para instruktur baca tulis al-Qur’an di Kelurahan Mamuya, Kecamatan Gelala Kabupaten Halmahera Utara terkendala dengan kemampuan awal yang dimiliki oleh para santri, dimana masih banyaknya santri yang masih perlu pembinaan dalam hak penguasaah makharij al-huruf, yang menjadi pondasi awal mempelajari al-Qur’an. Masih minimnya perhatian orang tua juga berdampak ada keseriusan para intruktur dalam rangkan menciptakan aktiviatas pembelajaran yang efektif. Meski demikian para instruktur baca tulis al-Qur’an tetap termotivasi membina masyarakat, karena didukung dengan tingginya animo dan motivasi belajar dari para santri, termasuk adanya duungan dari pihak pemerintah setempat yang memberi fasilitas berupa ruang belajar, di lingkungan Mesjid Desa Mamuya.

Keywords


PkM, Desa Mamuya, Baca Tulis al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Agustang, K. (2019). Tradisi Khatam Qur’an sebagai Upaya Perwujudan Pendidikan KarekterIslami di Kota Ternate Maluku Utara. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 11(1), 34-50.

Abbas, I., & Umar, S. R. H. (2022). HISTORIOGRAFI SEJARAH LOKAL DI MALUKU UTARA. Jurnal Geocivic, 5(1).

Baharudin, B., Buamona, N., Asmiraty, A., Mubin, H., & Tomagola, R. (2023). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Pelaksanaan Tradisi Ratib Pada Masyarakat Kota Tidore. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6), 681-695.

Boriri, A. (2022). Sistem Sapaan Kekerabatan dalam Bahasa Galela pada Masyarakat Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 5(2), 517-528.

Eku, A. (2024). Analisis Problematika Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Mahasiswa Semester 8 Jurusan Pendidikan Agama Islam Di Institute Agama Islam Negeri (Iain) Ternate. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(3), 955-967.

Fajri, N. (2022). Efektifitas penggunaan strategi pembelajaran card sort dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qu’an pada anak di TPA Sidomulyo Kota Palangka Raya (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Handoko, W. (2017). Ekspansi Kekuasaan Islam Kesultanan Ternate di Pesisir Timur Halmahera Utara. Kapata Arkeologi, 13(1), 95-108.

Harahap, M. I., Limbong, P. A. B., & Fauziah, F. (2023). Pola Manajemen Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Sumatera Utara. ISLAMIKA, 5(2), 510-521.

Ibrahim, A., Bau, S. O., & Safi, J. (2023). MARI MOI NGONE FUTURU SEBAGAI IDENTITAS KULTURAL: MAKNA DAN IMLEMENTASINYA DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MALUKU UTARA. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter, 7(1), 81-92.

Jamrud, I., Deeng, D., & Mulianti, T. (2020). PENGANUT ISLAM DAN DINAMIKA KEBUDAYAAAN DI DESA TUTUMALOLEO KECAMATAN GALELA UTARA KABUPATEN HALMAHERA UTARA PROPINSI MALUKU UTARA. HOLISTIK, Journal of Social and Culture.

Junaidi, J. (2021). Perspektif Masyarakat Terhadap Peran Guru TPQ dalam Pengembangan Pendidikan Keagamaan (Studi Kasus Pada Masyarakat Kelurahan Pagentan Kecamatan Singosari Kabupaten Malang). Turatsuna: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 3(1), 114-121.

Kallang, A., & Sugirma, S. (2023). al-Lughah al-'Arabiyah fi Dairah Ta'adud al-Lughat (Dirasah Ijtima'iyah Lughawiyah fi Taqalid Mujtama'al-Muslimin bi Jazirah Tidore). Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 14(1), 1049-1062.

Kallang, A., Sulaeman, S., Amri, M., Sugirma, S., Said, S. A., & Ridwan, M. (2022). PENGUATAN AKSARA AL-QUR’AN DI MAJELIS TAKLIM KOTA TOBELO HALMAHERA TENGAH MELALUI PENGGUNAAN BUKU QIRO’AH. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 336-347.

Al Munawwarah, R., Rama, B., & Siraj, A. (2023). Sejarah Pendidikan Islam Di Maluku Pada Masa Awal Serta Perkembangannya. Bata Ilyas Educational Management Review, 3(2).

Marlina, M., & Gamayanti, W. (2021). Keefektifan Metode Baghdadiyah Terhadap Aktivitas Belajar Anak dalam Bidang Baca Tulis Qur’an. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(32), 102-112.

Masrikah, A., & Rusdiana, F. K. (2021). Implementasi Metode Iqra’Dalam Pengajaran Al-Qur’an Di Madrasah Diniyah Awaliyyah “Al-Ikhlas” Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87-94.

Munawir, M., Alfiana, F., & Pambayun, S. P. (2024). Menyongsong Masa Depan: Transformasi Karakter Siswa Generasi Alpha Melalui Pendidikan Islam yang Berbasis Al-Qur'an. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 1-11.Sujarwo, A., Hidayat, R., & Sugianto, S. (2024). Kerukunan Agama di Indonesia: Sebuah Kajian Teologis Praktis. Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy, 6(1), 43-56.

Nidhom, K. (2021). Manajemen Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an dalam Mencetak Generasi Qur’ani. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 83-102.

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95-108.

Sunusi, M. S., Rama, B., & Achruh, A. (2023). SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM MASA AWAL DI MALUKU. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 63-72.

Wardah, M., Irfan, I., & Aden, U. (2023). Pendampingan Instruktur Baca Tulis Al-Qur’an Desa Tomori, Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2495-2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.