PELATIHAN LITERASI NUMERASI TERINTEGRASI NILAI BAGI GURU IPA DAN BIOLOGI DI KOTA DAN KABUPATEN SUKABUMI

Sistiana Windyariani, Suhendar Suhendar, Syane Triwulandari, Kusnadi Kusnadi, Rini Solihat, Billyardi Ramdhan, Setiono Setiono, Aa Juhanda, Jujun Ratnasari, Gina Nuranti

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan workshop terkait literasi numerasi terintegrasi nilai dengan peserta Guru-guru Biologi dan IPA di Kota dan Kabupaten Sukabumi sebanyak 97 orang. Adapun metode yang dilaksanakan adalah ceramah bervariasi, demonstrasi, simulasi dan diskusi. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi kegiatan menggunakan formulir yang mengukur mengenai kesesuaian kegiatan pengabdian dengan kebutuhan mitra, kesesuaian materi dengan tujuan pelatihan, manfaat yang didapatkan oleh peserta, dan beberapa poin lain yang menyatakan respon peserta setelah mengikuti kegiatan pengabdian. Selain itu dilakukan juga respon tindak lanjut dari peserta setelah satu bulan kegiatan dilaksanakan. Adapun respon yang diperoleh dari peserta adalah sebanyak 84,6% peserta menyatakan maksud dan tujuan materi tersampaikan dengan jelas, 84, 6 % peserta menyatakan pemaparan materi diterima dengan baik, 80, 8 % peserta menyatakan materi yang disampaikan menarik, 80,8 % peserta menyampaikan teknik pelatihan tersampaikan dengan jelas dan sistematis, 100 % peserta menyampaikan pelatihan bermanfaat, 84,6 % peserta menyampaikan pelatihan menarik dan mudah dipahami. Pelatihan ini memberikan manfaat bagi guru untuk mengajarkan literasi numerasi kepada siswa pada pembelajaran teori dan praktikum serta evaluasinya.

 


Keywords


literasi numerasi, terintegrasi nilai, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Asrijanty, P. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 1–37.

Fiangga, S., Amin, S. M., Khabibah, S., Ekawati, R., & Prihartiwi, N. R.

(2019). Penulisan soal literasi numerasi bagi guru SD di kabupaten

Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9-18.

Kemdikbud. (2020). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum.

Lubis, M. A. (2015). Effective Implementation Of The Integrated Islamic Education. Global Journal Al-Thaqafah5(1), 59–68

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). OECD skills strategy 2019: Skills to shape a better future. Paris, France: OECD Publishing.

Sediono, S., Mardianto, M. F. F., Ulyah, S. M., Andreas, C., Rosa, H. U., & Siregar, N. R. A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Guru SMP di Kabupaten Kediri dalam Penyusunan Soal AKM melalui Pendampingan Intensif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 6(2), 147-161.

Sine, J.S., Pellokila, I.I., Sibulo, D., Adu, M., Sefi, D.R., & Nau, E.F. (2024). Pelatihan Kompetensi Literasi dan Numerasi Guru Sebagai Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Smith, Y., Davis, K., & Molloy, S. (2012). Assessment of key competencies, literacy and numeracy: Can these be combined?. Set: Research Information for Teachers, (1), 42-48.

Windyariani, S. (2017). Pembelajaran ipa dengan praktikum berbasis konteks dan literasi sains: perspektif guru sd di sukabumi. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 8(1), 23-33




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v8i1.272-278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.