PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI MEMBACA BAGI GURU SEKOLAH DASAR: MENINGKATKAN MINAT MEMBACA

Rahmiati Rahmiati, Wati Sukmawati

Abstract


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendampingan Gerakan Literasi Membaca Menyenangkan (GLMM) kepada guru Sekolah Dasar dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen terkait pelaksanaan GLMM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan GLMM oleh tim peneliti memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan minat membaca siswa melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan kreatif. Guru-guru SD melaporkan peningkatan partisipasi dan antusiasme siswa dalam membaca setelah mengimplementasikan GLMM. Selain itu, pendampingan ini juga memberikan dampak positif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa, terutama dalam pemahaman dan interpretasi teks. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peran dosen dalam mendukung pengembangan literasi membaca di tingkat dasar melalui pendampingan yang terarah dan inovatif. Implikasi penelitian ini adalah perlunya lebih banyak dukungan dan pelatihan bagi dosen dalam implementasi GLMM sebagai strategi efektif dalam meningkatkan literasi membaca siswa di tingkat dasar.


Keywords


Pendampingan, gerakan literasi membaca, guru SD, minat membaca.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, W. N., Novianti, R., Sukmawati, W., & Fikriyah, A. N. (2023). Student Response Conceptual Change Text ( CCT ) As A Media for Learning Energy Concepts in Elementary School Students. 9(1), 417–421. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2187

Apriliana, S. M., & Sukmawati, W. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Di Kelas II SDN Lumpang 01. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 329–335. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1504

Arofatul Maknuna, Dini Agustin, Eva Yolandha, Fahda Bintang, Farah Amelia, Puput Lestari, Rahma Nadhira Putri, W. S. (2024). Permasalahan Dalam Implementasi Teknologi Pembelajaran Ipa Di Sd. 6, 1–7.

Fauziah, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis of Higher Thinking Skills of Class V Elementary School Students on the Material of Movement Organs Using the RADEC Model. 9(1), 1–4. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.3926

Fikriyah, A. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle pada Materi Perubahan Energi. Jurnal Ideas, 8(1), 191–196. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.869

Firlia, A., & Sukmawati, W. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Materi Sumber Energi Kelas III di SD Muhammadiyah 37 Tangerang Selatan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 899. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.844

Fitria, M. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Perbedaan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika Secara Daring dan Luring Siswa Kelas V SDN Tegal Alur 21 Petang. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 833. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.853

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.852

Maryana, S., & Sukmawati, W. (2021). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(4), 205. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i4.428

Novianti, R., Aisyah, W. N., & Sukmawati, W. (2023). Analysis of Student’s Answer Error on Understanding of Energy Concept in Conceptual Change Text (CCT)-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(2), 505–508. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i2.2049

Nurliana, N., & Sukmawati, W. (2023). Stacking Analysis on the Application of the RADEC Model to the Creativity of Fifth Grade Elementary School Students on Water Cycle Material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 5964–5970. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.3951

Rahmiati, W. S. (2024a). PENDAMPINGAN GERAKAN LITERASI SAINS UNTUK. 7.

Rahmiati, W. S. (2024b). Pendampingan Gerakan Literasi Sekolah Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 58–66. https://doi.org/10.47776/praxis.v2i1.835

Ramadhani, I. N., & Sukmawati, W. (2022). Analisis Pemahaman Literasi Sains Berdasarkan Gender dengan Tes Diagnostik Three-Tier Multiple Choice. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 781. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.860

Sukmawati, W. (2018). Sosialisasi Zat Aditif dan Adiktif pada Makanan melalui Literasi Sains untuk Siswa SMP Swasta di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(2), 240. https://doi.org/10.29405/solma.v7i2.1165

Sukmawati, W. (2023). Analysis of Changes in Students ’ Scientific Literacy Ability After Attending Lectures Using the RADEC Model. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 9(3), 1039–1044. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.2846

Sukmawati, W., Lestari Handayani, S., & Yeni, Y. (2022). Is conceptual learning based on conceptual change text (CCT) effectively applied to pgsd students science class? Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(2), 171–181. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i2.44034

Sukmawati, W., & Merina. (2019). Pelatihan Pembuatan Minuman Herbal Instan Untuk. Jurnal Pengabdian Masyarakat (JPKM), 25(4), 210–215.

Sukmawati, W., Rahmiati, R., Fatayan, A., & ... (2023). Pendampingan Praktikum Ipa Sederhana Di Sekolah Dasar. Martabe: Jurnal …, 6, 3016–3021. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/12258

Sukmawati, W., Sari, P. M., & Yatri, I. (2022). Online Application of Science Practicum Video Based on Local Wisdom to Improve Student’s Science Literacy. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2238–2244. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1940

Sukmawati, W., & Sunaryo, H. (2021). Pendampingan Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT) Minuman Serbuk Jahe Instan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(3), 401–406. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i3.5809

Sukmawati, W., Sunaryo, H., & Heriansyah, D. (2021). Penerapan Teknologi Produksi Dan Strategi Pemasaran Pada Umkm Jahe Instan Jm Hamka. 4, 833–839.

Wanningrum, C. P., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(1), 43. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1205

Wati Sukmawati, R. (2023). Pendampingan Penulisan Buku Ajar. 6(1), 1555–1560.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2329-2336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.