IMPLEMENTASI PERAN STAKEHOLDER PENTAHELIX PADA LUMBUNG STROBERI, BATU MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MENGEMBANGKAN PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT

Savira Kartika Ramadhani, Praja Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan implementasi peran dari pemangku kepentingan wisata model pentahelix pada daya tarik wisata Lumbung Stroberi, Kota Wisata Batu melalui Corporate Social Responsibility (CSR). Dalam penelitian yang telah dilakukan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kegiatan observasi, tinjauan literatur, fokus diskusi grup, serta wawancara mendalam dengan informan kunci antara lain Direktur Bumdes Raharjo, GEMPAR (Gerakan Pemuda Karang Taruna),  Komunitas Tani GAPOKTAN, dan pekerja di Lumbung Stroberi. Tujuan penelitian ini untuk mendapati seberapa besar pengaruh dari adanya pemangku kepentingan wisata dengan menggunakan model pentahelix melalui program CSR untuk pengembangan wisata di Lumbung Stroberi serta pemberdayaan masyarakat sekitar daya tarik wisata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pemangku kepentingan telah bekerja sama dengan baik sehingga menghasilkan dampak yang positif terhadap pengembangan wisata di Lumbung Stroberi. Dampak positif tersebut berupa pertumbuhan ekonomi lokal, semakin berkembangnya hubungan antar pemangku kepentingan (stakeholder) wisata dengan berbagai pihak terkait, kelembagaan lokal, bertambahnya petani stroberi yang memiliki keinginan berkolaborasi sebagai bagian dari mitra BUMDes Raharjo dengan tujuan untuk mengembangkan Daya Tarik Wisata Lumbung Stroberi, serta peluncuran paket wisata baru di Lumbung Stroberi.


Keywords


Pemangku Kepentingan, Pentahelix, Lumbung Stroberi, dan CSR

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Harahap, R. H., & Rujiman, R. (2021). Upaya Pengembangan Sektor Pariwisata Melalui Peran Kreativitas Pemuda. Perspektif, 11(1), 69–76. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5338

BPS. (2020). Kecamatan Bumiaji Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kota Batu, 200.

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 10 TAHUN 2009 TENTANG KEPARIWISATAAN. 1, 1–44.

Ngajow, M. T., Tawas, H. N., & Djemly, W. (2021). Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Objek Wisata Terhadap Minat Berkunjung Pada Objek Wisata Bukit Kasih Kanonang, Dengan Pandemi Covid 19 Sebagai Variabel Moderator. Jurnal ISSN, 9(2), 92–100. www.corona.help.com,

Permana, I. M. D., Kartimin, I. W., & Anggreni, N. P. Y. (2024). STRATEGI PENERAPAN CSR DI QUEST HOTEL SAN DENPASAR DALAM MENDUKUNG PROGRAM PEMERINTAH KOTA DENPASAR MASA COVID 19. I(1).

Rizki Nurul Nugraha, F. V. (2022). PENGEMBANGAN DAYA TARIK WISATA DI OBJEK WISATA TELAGA ARWANA CIBUBUR. 3(6), 6445–6454. https://doi.org/10.14341/conf7-8.09.22-84

Sari, A. P., Pelu, M. F. A., Dewi, I. K., Ismail, M., Siregar, R. T., Mistriani, N., ... & Sudarmanto, E. (2020). Ekonomi Kreatif. Yayasan Kita Menulis.

Septadiani, W. P., Pribadi, O. S. I. ., & Rosnarti, D. (2022). Peran Model Pentahelix Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Universitas Trisakti. WIDYA PUTRI SEPTADIANI, 22–31.

Umma, N. S. (2023). Pengaruh Banyaknya Pengangguran terhadap Kemiskinan dan Perekonomian di Pulau Jawa. Jurnal Sosiologi Usk: Media Pemikiran & Aplikasi, X, 3–7.

Yunas, N. S. (2019). IMPLEMENTASI KONSEP PENTA HELIX DALAM PENGEMBANGAN POTENSI DESA MELALUI MODEL LUMBUNG EKONOMI DESA DI PROVINSI JAWA TIMUR. 37–46. https://doi.org/10.21787/mp.3.1.2019.37-46




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2118-2127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.