REVITALISASI INDUSTRI KERIPIK DENGAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN PEMASARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Julia Safitri, Fitri Normasari, Sucipto Sucipto

Abstract


Sebagai sumber daya lokal, singkong dinilai sebagai salah satu komoditi unggulan di Indonesia, karena (a) dapat dimanfaatkan sebagai makanan pokok pengganti beras, (b) metode budi daya penanaman yang relatif mudah karena dapat ditanam dimana saja dan dengan biaya relatif murah, (c) mempunyai peluang ekspor produk yang cukup baik, (d) dapat diproduksi oleh tenaga kerja yang cukup murah (rural employement), serta (e) teknik pengolahan yang sederhana (low level of technological requirement). Salah satu produk berbahan baku singkong yaitu kripik singkong, yang pengembangannya cukup diminati oleh masyarakat, tidak terkecuali masyarakat yang berdomisili di daerah pengrajin keripik kecamatan Pabuaran Kab Serang Prov Banten. Mengingat singkong sebagai bahan baku utama yang merupakan industri hulu maka industri kripik singkong dapat dinilai sebagai industri hilir, sehingga dibutuhkan penggunaan teknologi dan pemasaran digital untuk meningkatkan pengetahuan pengrajin sehingga berdampak kepada peningkatan penjualan. Tujuan dari Pkm Dosen ini adalah untuk mengoptimalkan perekonomian masyarakat melalui penggunaan teknologi tepat guna, peningkatan pengetahuan SDM serta pemasaran produk secara digital

Keywords


Industri Keripik; Pemasaran Digital; Peningkatan Ekonomi Masyarakat; Teknologi Tepat Guna

Full Text:

PDF

References


Antari, R., & Umiyasih. U. 2009. Pemanfaatan Tanaman Ubi Kayu dan Limbahnya secara Optimal sebagai Pakan Ternak Ruminansia. Wartazoa, 19(4), 191-120

Kurnia, R. E. 2016. Manajemen Produksi Keripik Singkong Rasa Gadung pada Home Industry Lancar di Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. e-Journal Boga, 5(1), 182-191.

Kurnia, R. E., & Kharnolis, M. 2016. Manajemen Produksi Keripik Singkong Rasa Gadung pada Home Industri Lancar di Desa Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. EJournal Boga, 5(1), 182-191.

Lestari, E. R., & Wahono, T. 1998. Proses Pembuatan Keripik Ubi Kayu Rasa Gadung. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik (Engineering), 10(1), 77-88.

Rahayu, W., & Anam, C. 2017. “Peningkatan Usaha Keripik Singkong Rasa Gadung di Kabupaten Wonogiri”. Laporan PPM. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM). Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Sarlan, M. 2016. “Analisis Nilai Tambah Ubi Kayu sebagai Bahan Baku Keripik Singkong di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur (Kasus Agroindustri Keripik Singkong KUB Wanita Sejahtera)”. Journal Ilmiah Rinjani_Universitas Gunung Rinjani, 3, 116-128.Desa Mulyoagung Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Polinema Kepada Masyarakat, 8(1), 7-13.

Seyyedamiri, N., & Tajrobehkar, L. (2019). Social content marketing, social media and product development process effectiveness in high-tech companies. International Journal of Emerging




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2062-2067

Refbacks

  • There are currently no refbacks.