PENINGKATAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DENGAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI USAHA PARIMO DALAM RANGKA PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI

Makhrajani Majid, Fitriani Umar, Sariana Damis, Khairunnisa Yanas, Ade Erwini Wulandari, Nurhikma Nurhikma, Muh. Nurul Fikri

Abstract


Wirausaha merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi, serta sebagai inovator dalam pengembangan ekonomi. Pelaku usaha di Kota Parepare sebagian besar didominasi oleh UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang saat ini menjamur adalah usaha dibidang kuliner termasuk PARIMO (paru rica mommy), yang memiliki peran sangat krusial dalam perekonomian global terutama dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang menyokong pertumbuhan ekonomi lokal yang selama ini dibina oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kota Parepare dengan memberdayakan perempuan. Dalam rangka peningkatan produktivitas melalui pemberdayaan perempuan-perempuan yang berkemajuan, maka kami akan bekerjasama dengan PDA Kota Parepare untuk mengembangkan usaha PARIMO dengan memanfaatkan tehnologi yang dimulai dari proses branding, packaging yang menggunakan standing pouch aluminium foil kombinasi silver plastik transmetz bening dan menggunakan vacuum sealer untuk penyimpanan dan pengiriman jarak jauh sampai proses pemasaran produk dengan menggunakan sosial media dan e-commerce. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di rumah owner PARIMO dengan memberdayakan perempuan sebagai karyawan. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dengan melakukan sosialisasi kegiatan, persiapan kegiatan, pelatihan pembuatan PARIMO, pendampingan proses branding, packaging dan pemasaran melalui E-commerse. Hasil kegiatan yang telah dilakukan, yaitu : 1) edukasi dalam pemilihan bahan baku yang berkualitas dan halal untuk pembuatan PARIMO yang dapat meningkatkan pengetahuan perempuan terkait pemenuhan kebutuhan gizi dari cara pemilihan dan pengolahan bahan baku sebesar 70% dari hasil pre test dan post test yang telah dilakukan edukasi. 2). Kegiatan pelatihan pembuatan PARIMO yang sesuai dengan standar kesehatan. 3). Pendampingan pembuatan branding, pacaking dan pemasaran melalui E-commerse.


Keywords


Branding,PARIMO, Packaging, Pemasaran E-commerse, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Atmojo, M. E. 2022. ‘Pemberdayaan UMKM Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi’, DINAMISIA, 6(2), pp. 378–385.Available at: https://journal.unilak.ac.id/index.php/dinamisia/article/view/8214/3938.

Eryc. 2022. ‘Pengaruh Dampak Digitalisasi danPemanfaatan Teknologi Informasi terhadap Kinerja UMKM’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), pp. 1693–1470. Available at: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5594/4023.

Kartika Dwi Sara, F. F. (2020) ‘Peran Kewirausahaan Dan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Dalam Perspektif Islam’, Jurnal EMA, 5(2), pp. 66–77. Available at: https://ema-jurnal.unmerpas.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/53/42.

Putro Hadi Mukhlisin, Imron Heriyanto, S. 2023. ‘Strategi Pemanfaatanteknologi Terhadap Pendapatanusaha Mikro, Kecil Dan Menengah’, Jurnal Karya Inovasi Pengabdian Masyarakat (JKIPM), 1(1), pp. 31–41. Available at: https://ojs- steialamar.org/index.php/JKIPM/article/view/60/22.

Rizwan Aryadi, S. H. H. 2022. ‘Kewirausahaan Dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Sebagai Salah Satu Solusi Untuk Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan Di Indonesia’, SELISIK, 8(1). Available at: https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/selisik/article/view/3565/1788.

Majid M. 2022. Healthy City-Based Nutrition Literacy Model for Stunting Management and Improvement of Healthy Living Behavior. Vol.4 No.3. Jurnal Ilmiah Kesehatan. https://salnesia.id/jika/article/view/350.

Majid M. 2018. Perbedaan Tingkat Pengetahuan Gizi, Body Image, Asupan Energi Dan Status Gizi Pada Mahasiswa Gizi Dan Non Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal Manusia dan Kesehatan. Vol. 1 No. 1. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/view/99.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2055-2061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.