MENINGKATKAN PROMOSI KAMPUNG WISATA KULINER RW 04 HAURPANCUH II MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING

Zatin Niqotaini, Kharisma Wiati Gusti, Zainal Abidin Achmad, Diana Aqidatun Nisa, Nindy Irzavika, Abdul Kholiq

Abstract


Teknologi digital semakin maju seiring perkembangan zaman dan menjadi aspek penting  dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengembangan sektor industri. Potensi pariwisata di Indonesia cukup besar, sehingga sektor kuliner juga mengikuti tren digitalisasi ini. Salah satu wilayah yang menonjol di sektor kuliner adalah Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II, yang terletak di Jalan Haurpancuh II, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Kampung ini terletak di daerah padat pemukiman dan berdekatan dengan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Pelatihan ini difokuskan pada memberikan panduan kepada pengelola dan pedagang Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II tentang promosi digital yang melibatkan branding, packaging produk, pembuatan akun dan pengaturan konten di media sosial. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta dan berlangsung selama dua hari pada tanggal 8 dan 9 Mei 2024. Melalui kegiatan ini, diharapkan Kampung Wisata Kuliner RW 4 Haurpancuh II dapat memperkuat promosi serta meningkatkan keterampilan dan wawasan.


Keywords


Digital Marketing, Promosi, Kuliner

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Y., Firyadi, R., Mahdiyah, E., Fitriansyah, A., Aminuddin, A., Meitarice, S., & Niqotaini, Z. (2023). Improving University Community Service Communication with Kukerti’s Fuzzy String Matching Chatbot. 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Information Systems, ICIMCIS 2023, 398–403. https://doi.org/10.1109/ICIMCIS60089.2023.10348968

Ardhanari, M., & Nugrohadi, G. E. (2022). Pendampingan Packaging Dan Branding Pada Umkm Produk Khas Olahan Hasil Laut Di Kelurahan Sukolilo Baru – Kenjeran, Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat Applied, 1(1), 18. https://doi.org/10.19184/jpma.v1i1.31415

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19790

Nheu, G. D. S. E., & Sugiarti, D. P. (2020). Strategi Pemasaran Wisata Kuliner Sebagai Destinasi Wisata Di Dili, Timor-Leste. Jurnal Destinasi Pariwisata, 8(2), 196. https://doi.org/10.24843/jdepar.2020.v08.i02.p05

Niqotaini, Z. (2023). Pelatihan Microsoft Office kepada Siswa SMKS Mandiri Bojonggede Bogor. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(2), 160–165. https://doi.org/10.26874/jakw.v4i2.320

Niqotaini, Z., Arifuddin, N. A., & Rosmawarni, N. (2023). Pelatihan Microsoft Office Bagi Siswa Untuk. 6, 2423–2429.

Niqotaini, Z., Yulistiawan, B. S., Gusti, K. W., Zaidiah, A., & Parama, T. (2024). Analisis dan Perancangan Aplikasi Fathforce Starter Kit Pro di PT . Inovasi Media Menggunakan Framework Laravel. 7(1), 80–89. https://doi.org/10.32493/jtsi.v7i1.35656

Seta, H. B., Niqotaini, Z., & Rahayu, T. (2024). Literasi Digital Untuk Memperkenalkan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Di Tk. 7, 654–658.

Syarifuddin, D., Noor, C. M., & Rohendi, A. (2018). Memaknai Kuliner Lokal Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Bandung. Abdimas, 1(1), 55–64. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Urika, U. (2023). Analisis Sektor Potensial Ekonomi Digital Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Retail, 3(01), 36–50. https://doi.org/10.47080/jumerita.v3i01.2527

Vernanda Dwi, Zatin Niqotaini, Susilawati, & Azhis Sholeh Buchori. (2023). 2023 International Conference on Informatics, Multimedia, Cyber and Informations System (ICIMCIS). The Innovation Diffusion Theory for Analysis theDigitalization of “Rasa Alami” MSMEs at SubangRegency. 653–658.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2011-2016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.