PEMANFAATAN APLIKASI CAKE DALAM MENINGKATKAN PERCAKAPAN BAHASA INGGRIS SISWA SMK SINAR HUSNI

Juliana Juliana, Enni Maisaroh, Rahayu Syafitri

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini  untuk memperkenalkan berbagai fitur dan elemen aplikasi Cake dalam meningkatkan percakapan bahasa Inggris siswa serta meningkatkan kemampuan percakapan bahasa Inggris siswa dengan memanfaatkan berbagai keunggulan dan kelebihan penggunaan aplikasi Cake. Partisipan yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 25 siswa SMK Sinar Husni Medan. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berupa penyampaian materi dan praktek langsung pemanfaatan aplikasi Cake untuk meningkatkan percakapan bahasa Inggris siswa. Setiap peserta wajib berperan serta aktif menyampaikan pertanyaan dan mempraktikkan penggunaan aplikasi Cake. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang aplikasi Cake dalam meningkatkan percakapan bahasa Inggris siswa. Selain itu, kemampuan percakapan siswa juga meningkat dengan mempraktikkan secara langsung penggunaan aplikasi Cake memainkan peran penting dalam meningkatkan kemahiran siswa dalam percakapan bahasa Inggris dengan secara langsung mempengaruhi keterampilan kebahasaan siswa. Tingkat keterlibatan dan semangat yang ditunjukkan siswa secara signifikan berkontribusi pada keberhasilan kegiatan tersebut, namun tantangan muncul dari kendala waktu dan kekhawatiran tentang memanfaatkan teknologi sepenuhnya dalam kegiatan pembelajaran. Setelah pelatihan ini minat, kesadaran, dan motivasi siswa meningkat dalam memanfaatkan aplikasi Cake untuk meningkatkan percakapan bahasa Inggris sehari-hari.


Keywords


aplikasi Cake, kemampuan percakapan, bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Aurenzha, R. A. (2023). Improving Students’ speaking Skills Using Cake Application In 7th Grade AT SMPN 21 Kota Serang (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Banaszewski, T. (2002). Digital storytelling finds its place in the classroom. Multimedia schools, 9(1), 32-35.

Damayanti, E. F. (2023). Penggunaan Aplikasi Cake Dalam Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Menggunakan Pendekatan Emred Kelas IV SDN DALUNG 1 (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Losi, R. V., Putra, E., Rosida, S., Sendy, B., & Indriani, R. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Mobile-Assisted Language Learning (Mall) Sebagai Media Belajar Digital Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Inggris Remaja Di Desa Besilam. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(3), 566-578.

Lestari, D. A. (2018). Pengembangan media digital storytelling berbasis website untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa di SMA Negeri 5 Tanjung Jabung Timur tahun 2017 (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Julianingsih, D., & Krisnawati, E. (2019, October). Pemanfaatan Aplikasi Cake dalam Pembelajaran Trigonometri untuk pemerolehan Kecakapan Intelektual Siswa. In Seminar Nasional Ilmu Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. B22-B22).

Juliana, J. (2020). Peningkatan Motivasi Percakapan Bahasa Inggris Siswa Smk Wirakarya Mandiri Dengan Metode Dubbing Dan Subtitling. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 81–88.

Juliana, J., Amaniarsih, D. S., & Ilham, M. A. (2023). Penggunaan Aplikasi Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Berbahasa Inggris Siswa SMP Amalyatul Huda. PUBLIDIMAS (Publikasi Pengabdian Masyarakat), 3(1), 25–37.

Juliana, J., & Pasaribu, S. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran PQ4R. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 222–227.

Mustika, G. A. (2021). Students’ Perceptions Toward ‘Cake Application’ in Speaking Practices: A Case Study in Efl Context (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Rachmawati, S. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Cake Apps terhadap Kemampuan Berbicara Siswa. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(2), 160-169.

Yanthi, W. (2021, November). The use of Cake Application in teaching Speaking to Senior High School’s students. In Bogor English Student and Teacher (BEST) Conference (Vol. 2, pp. 165-170).

Wilson, A., & Sutrisno, S. (2022). Efektifitas Aplikasi Cake Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa. Research and Development Journal of Education, 8(1), 263-270.

Wulandari, A. E., Hartatik, S. F., & Adi, A. (2022, October). Improving Students Speaking Skill By Using Cake App At Smp Shalahuddin Malang. In Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga) (Vol. 2, No. 1, pp. 244-251).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1903-1914

Refbacks

  • There are currently no refbacks.