PENDAMPINGAN GURU SDN 8 SUWAWAL KABUPATEN JEPARA MELALUI PELATIHAN PENERAPAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK ASESMEN PEMBELAJARAN

Naili Rofiqoh, Dwiana Asih Wiranti, Aan Widiyono, Muh Muhaimin, Syailin Nichla Choirin Attalina, Nur Rohman

Abstract


Kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar belum diterapkan secara menyeluruh. Keterbatasan penggunaan asesmen pembelajaran berbasis secara digital di Sekolah dasar Negeri 8 Suwawal Jepara. Sekolah membutuhkan dukungan sistem sebagai usaha untuk meningkatkan kualitas asesmen pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka. Berdasarkan prioritas masalah yang perlu diselesaikan dengan mitra maka perlu adanya pelatihan terkait pengembangan asesmen pembelajaran menggunakan Artificial Intelligence (AI) untuk mengingkatkan kualitas asesmen di SDN 8 Suwawal. Metode pelaksanaan program pengabdian sekolah binaan meliputi empat tahapan yaitu: (1) Tahap sosialisasi mengenai materi asesmen pembelajaran dalam kurikulum merdeka untuk sekolah dasar, (2) tahap latihan dilaksanakan dengan memberikan materi asesmen pembelajaran melalui Diffit, Eduaide.Ai, Copilot, dan YOU, (3) tahap pendampingan dilaksanakan dengan mendampingi mitra dalam mempraktikkan asesmen pembelajaran berbasis digital sesuai dengan kurikulum merdeka, dan (4) tahap evaluasi (berkesinambungan) dilaksanakan dengan meminta untuk mengisi kuesioner kepada mitra mengenai tingkat pemahaman serta keberhasilan membuat asesmen pembelajaran berbasis digital. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa 93% dari mitra merasa pelatihan ini dapat mengurangi hambatan dalam proses asesmen yang dialami. Sementara 97% dari mitra merasa terinspirasi untuk berinovasi lebih lanjut mengenai penggunaan asesmen pembelajaran melalui bantuan alat Diffit, Eduaide.Ai, Copilot, dan YOU

Keywords


asesmen pembelajaran; kurikulum merdeka; Sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Kemdikbud. (2022). Kurikulum Merdeka. Online: https://s.id/kurikulum-merdeka. Diakses pada 20 Maret 2024.

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Bumi Aksara: Semarang

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15-20.

Puspendik, T. (2019). Model Penilaian Formatif pada Pembelajaran Abad 21 untuk Sekolah Dasar. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(02), 473-486.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1740-1745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.