SOSIALISASI KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA SEBAGAI BENTUK ANTISIPASI PENULARAN HIV-AIDS DI SEKOLAH

Blasius Atini, Lusia Naimnule, Emanuel M.Y. Hanoe, Erlin Fatima Halek

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah siswa mendapat gambaran tentang Kesehatan Reproduksi dan menjaga pola hidup sehat dalam pergaulan di kalangan remaja agar terhindar dari penularan penyakit HIV-AIDS. Dengan adanya kegiatan pengabdian ini siswa kelas SMP Negeri Fatumfaun mendapat motivasi dan pemahaman untuk hidup secara sehat pada masa remaja, menjaga perilaku, serta menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga kesehatan diri sehingga kelak kedepan dapat membangun keluarga yang sehat dan terhindar dari penularan penyakit yang tidak diinginkan. Pengabdian ini mennggunakan metode sosialisasi langsung kepada siswa kelas IX SMP Negeri Fatumfaun Kefamenanu tentang kesehatan reproduksi dan antisipasi penularan HIV-AIDS dengan tahapan analisis dan identifikasi permasalahan mitra, Persiapan alat dan bahan dan menerapkan kegiatan pengabdian. Kegiatan sosialisasi ini mendapat respon positif dari siswa sebab mendapatkan tambahan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang nantinya akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, menjaga pola hidup sehat sebagai bentuk antisipasi penularan penyakit HIV-AIDS.


Keywords


Kesehatan Reproduksi, Penyakit HIV-AIDS

Full Text:

PDF

References


Kusmiran, E. (2014). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta: Salemba Medika.

Marmi. (2014). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rezeki, S., & Sasanti, H. (2017). Necrotizing Ulcerative Stomatitis Associated With HIV/AIDS: Clinical Findings and Management (Case Report). Cakradonya dent. J.

Suryoputro, A. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja di Jawa Tengah: Implikasinya terhadap Kebijakan dan Layanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi. Makara. Jurnal Kesehatan. 10 (1), 29-40.

Widyastuti. (2009). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya.

Yuliyanasari N. (2016). Global Burden Desease - Human Immunodeficiency Virus - Acquired Immune Deficiency Syndrom (HIV-AIDS). Jurnal Universitas Muhamadiyah Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1746-1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.