INOVASI STRATEGIS DALAM MENGELOLA LIMBAH AMPAS TEBU (Saccharum officinarum L.) PADA LINGUNGAN MASYARAKAT MELALUI DAUR ULANG KREATIF DI DESA TUNTUNGAN II

Rahmadina Rahmadina, Nuri Jannah, Nurul Maurito, Nurul Aina, Mindayani Mindayani, Haziq Alifio

Abstract


Limbah mengacu pada produk sampingan atau residu yang dihasilkan dari berbagai kegiatan industri atau rumah tangga. Oleh karena itu, sangat penting untuk memanfaatkan kembali limbah ampas tebu ini menjadi produk yang tidak hanya mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan tetapi juga berfungsi sebagai bahan kerajinan tangan yang memiliki potensi artistik dan menguntungkan bagi masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keunggulan ampas tebu, komposisinya, dan produksi produk turunan ampas tebu. Hasil akhir dari olahan produk ampas tebu yang dibuat merupakan produk terpilih berupa cup gelas.


Keywords


Bagasse, Recycling, Environment, Sugarcane

Full Text:

PDF

References


Anisya, M., Andriana, Y. F., & Islamsyah, H. 2020. Eksplorasi Limbah Ampas Tebu (Bagasse) untuk Material Produk Eco Fashion. Ikra-ith humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora, 4(3), 1-9.

Li-An’Amie, N. L., & Nugraha, A. 2014. Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu Melalui Desain Produk Perlengkapan Rumah. Product Design, 3(1), 180028.

Rahayu, S., Supiyani, A., Sukmawati, D., & Kurniati, T. H. 2020, pemberdayaan kelompok kreatif remaja melalui pemanfaatan limbah jelantah menjadi sabun cuci tangan sebagai Upaya peningkatan Kesehatan di era covid-19, In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, pp. SNPPM2020ST-36).

Rahmadina, R., & Tambunan, E. P. S. 2017. Pemanfaatan limbah cangkang telur, kulit bawang dan daun kering melalui proses sains dan teknologi sebagai alternatif penghasil produk yang ramah lingkungan. Klorofil: Jurnal Ilmu Biologi dan Terapan, 1(1), 48-55.

Qur’ania, A., Raafi, M., Rinaldi, P. A., Alfredo, A. K., Muawiyah, U., Putri, N., ... & Syifa, S. N. 2022. Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu menjadi Briket. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 3(2), 135-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i5.1719-1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.