EDUKASI TENTANG PEMBENTUKAN PERSONAL BRANDING MELALUI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI GEN Z
Abstract
Perkembangan internet dan media sosial telah membawa generasi Z atau biasa disebut gen Z ke babak baru dalam berkomunikasi. Kedekatan gen Z dengan media sosial mempermudah mereka berkomunikasi dengan sesamanya karena mereka memang tumbuh di era teknologi. Kondisi tersebut disayangkan karena media sosial dapat memberikan manfaat lebih besar seperti membentuk personal branding.Membentuk personal branding sendiri berguna bagi siswa/i untuk mengembangkan diri sesuai bidang yang ingin digeluti terutama ketika sudah lulus. Lebih jauh, hal tersebut dapat menjadi portofolio yang membantu mereka dalam bidangnya. Sehingga, edukasi ini diperlukan siswa/i agar meningkatkan pengetahuan tentang personal branding. Lokasi pelakasanaan kegiatan berada di SMAN 34 Jakarta. Metode penyelenggaraan kegiatan adalah ceramah yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Hasil dan pembahasan adalah terjadinya komunikasi digital sebagai bentuk baru dalam berkomunikasi pada Gen Z. Hal ini turut memberi corak dalam membentuk personal branding melalui pemanfaatan media sosial. Terdapat tiga poin yang dapat diterapkan ketika membentuk personal branding: (1) menentukan niche; (2) sikap konsisten; (3) optimalisasi fitur yang ada di media sosial seperti feeds dan hashtag. Saran untuk kegiatan selanjutnya adalah adanya keberlanjutan dari pengetahuan yang sudah disampaikan dengan melakukan praktik membentuk personal branding dalam media sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Butar Butar, C. R., & Fithrah Ali, D. S. (2018). Strategi Personal Branding Selebgram Non Selebriti. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 2(2), 86.
https://doi.org/10.24198/prh.v2i2.12029
Dalla-Camina, M. (2017). What Do You Want To Be Known For? Huffpost. https://www.huffpost.com/entry/what-do-you-want-to-be-known-for_b_12112598
Essential, T. H. E., To, G., Latest, T. H. E., & Behaviours, C. (2024). DIGITAL 2024. Kepios.
Gea, A. A. (2006). Integritas Diri: Keunggulan Pribadi Tangguh. Character Building Journal, 3(1), 16–26.
Hayati, K., & Afriani, A. L. (2023). Pemanfaatan Fitur Instagram Hashtag (#) di Era Konvergensi. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan, 5(1), 46–61.
Hayati, K., Ayu Wardani, & Nuril Ashivah Misbah. (2023). Digital Communication of BMKG Non-Departmental Government Institutions. JDKP Jurnal Desentralisasi Dan Kebijakan Publik, 4(2), 72–85. https://doi.org/10.30656/jdkp.v4i2.6928
Hayati, K., & Saraswati, D. P. (2023). Analisis Strategi Komunikasi Pengguna Media Sosial Instagram Non- Celebrity dalam Membentuk Personal Branding. 11(02), 260–276.
Johnson, K. M. (2017). The Importance of Personal Branding in Social Media: Educating Students to Create and Manage their Personal Brand. International Journal of Education and Social Science , 4(1), 21–27. www.ripknet.org
Metricool. (2023). Feeds for Instagram. Metricool. https://metricool.com/feeds-for-instagram/
Mutia, A. (2022). Alasan Utama Menggunakan Media Sosial 2020 dan 2021. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/15/orang-indonesia-suka-main-media-sosial-ini-alasannya
Rangarajan, D., Gelb, B. D., & Vandaveer, A. (2017). Strategic personal branding—And how it pays off. Business Horizons, 60(5), 657–666. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2017.05.009
Vitelar, A. (2019). Like Me: Generation Z and the Use of Social Media for Personal Branding. Management Dynamics in the Knowledge, 7(2), 257–268. https://www.ceeol.com/search/article-detail?id=943886
Wardani, A., Hayati, K., Suprayitno, D., & Hartanto, H. (2023). Gen Z dan Empat Pilar Literasi Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(4), 3995–4002.
West, Richard; Turner, L. H. (2014). Pengantar Teori Komunikasi (3rd ed.). Salemba Humanika.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i7.2426-2434
Refbacks
- There are currently no refbacks.