ESTIMASI KEBUTUHAN KARYAWAN DAN LITERASI KEUANGAN UNTUK PENINGKATAN MANAJEMEN UMKM

Saptaningsih Sumarmi, Meilany Nonsi Tentua, Muhammad Zulfikar Reza

Abstract


Industri ekonomi kreatif menjadi bidang usaha yang saat ini banyak digarap UMKM, sehingga menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi.  Namun banyak UMKM masih dikelola apa adanya, dengan tenaga kerja serampangan, dan bahkan UMKM belum memiliki kemampuan dalam mengelola catatan keuangan, sehingga keberlanjutan usaha sangat terganggu. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan, dan pendampingan pengelolaan keuangan sederhana, literasi keuangan, serta membantu membuat estimasi kebutuhan SDM. Diharapkan dengan pengelolaan dengan baik, akan meningkatkan tata kelola dari usaha tersebut. Metode pengabdian dilakukan dengan memberikan ceramah tentang estimasi kebutuhan tenaga kerja, pencatatan  serta literasi keuangan. Selanjutnya juga diberikan tutorial untuk praktik, sehingga pelaku usaha bisa langsung mengimplementasikan hasil pelatihan. Selama dua minggu setelah kegiatan pengabdian berlangsung, tim pengabdi memberikan pendampingan melalui whatta apps dan email. Hasil pengabdian, mitra pengabdian merasa sangat puas dengan kegiatan, dan meminta ada keberlanjutan kegiatan dengan materi digital marketing.


Keywords


literacy, finance, estimation

Full Text:

PDF

References


Badawi, A., & Nugroho, L. (2022). Keberlangsungan Usaha Melalui Peningkatan Kualitas SDM Untuk Menciptakan Prilaku Inovatif Dalam Pengembangan Produk Pada UMKM Kelurahan Meruya Utara. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 140–144. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i2.348

Dewi, N. Y. S. (2023). Manajemen Keuangan dan Pemasaran UMKM Dalam Perspektif Islam Sebagai Upaya Menekan Angka Kemiskinan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(02), 2504–2509. https://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/9002

Hasan, S. S. El, Utarindasari, D., & Herawati, E. (2023). PELATIHAN PENERAPAN LITERASI KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI CIKALONGWETAN. Dinamika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 41–44.

Kesuma, N., Nurullah, A., & Meirawati, E. (2020). Pendampingan Pencatatan dan Pembukuan Sederhana bagi Orang Pribadi sebagai Pelaku Usaha di Kelurahan Talang Jambe, Kota Palembang. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 1(2), 101–106. https://doi.org/10.29259/jscs.v1i2.18

Mudrikah, S., Aeni, I. N., Pitaloka, L. K., & Widiatami, A. K. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Keuangan Pada Komunitas UMKM Karya Mapan Kota Salatiga. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 104–114.

Novia, C., Saiful, S., & Utomo, D. (2021). Analisis SWOT peningkatan daya saing pada UKM keripik nangka di Kabupaten Malang. Teknologi Pangan : Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.35891/tp.v12i1.2460

Pusporini, P. (2020). PENGARUH TINGKAT LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN PADA PELAKU UMKM KECAMATAN CINERE, DEPOk. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(1), 58–69. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i1.315

Sumarmi, S., Anindyasari, V. R., Adhiany, L., & Eka, F. J. (2024). Digital Marketing : Solution for Market Expansion of MSME Products Digital Marketing : Solusi Perluasan Pasar Produk UMKM. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(6), 1540–1546.

Sumarmi, S., Nurani, I. P., Reza, Z. M., Tristianto, R., Nur, S., & Ningsih, U. (2023). Penguatan identitas usaha dan pelatiha manajemen keuangan pada umkm. Journal of Character Education Society, 6(2), 416–427. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v6i2.14022




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i6.2038-2044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.