PELATIHAN PEMBUATAN DESAIN KEMASAN DALAM MENINGKATKAN STRATEGI PEMASARAN PADA BUMDES BPS DESA PACCELLEKANG, KECAMATAN PATTALLASSANG, KABUPATEN GOWA

Januar Kulsaputro, Hardianty Askar, Arwita Irawati, Widi Astutik, Mujaddid Mujaddid, Muh Arfah Mustari, Nur Windi Asnim, Muh Takdir Imran

Abstract


egiatan Pengabdian kepada masyarakat memiliki tujuan untuk memperluas wawasan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kepada anggota Bumdes tentang pentingnya proses pengemasan produk dan untuk mendampingi proses pengemasan produk olahan pangan yang dapat meningkatkan daya beli produk. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2024 yang difokuskan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumdes Bps Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa. Metode pengabdian yang digunakan yaitu dengan memberikan pelatihan dengan beberapa tahapan yaitu penyuluhan dan demostrasi langsung dengan memandu proses pembuatan desain kemasan yang kreatif dan menarik. Selain itu, melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pemahaman peserta pelatihan  mengenai konsep pembuatan desain kemasan dan mengetahui kendala yang terjadi. Hasil dari kegiatan PKM yang telah dilaksanakan yaitu memberikan dampak positive terhadap Bumdes Bps Desa Paccellekang. Pada peserta pelatihan terjadi peningkatan keterampilan dan pengetahuan terhadap jenis, fungsi, dan langkah-langkah dalam pembuatan kemasan. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil olah data kuesioner awal dan akhir dari 20 peserta pelatihan yang menandakan adanya peningkatan pengetahuan terhadap  persyaratan dalam proses pembuatan kemasan, serta mampu memahami langkah-langkah pembuatan kemasan untuk meningkatkan strategi pemasaran

Keywords


Desain, Kemasan, Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS, 4(1), 69–76.

Anasrulloh, M., & Basiron, B. (2017). Pelatihan pembuatan kemasan (packaging) untuk meningkatkan pemasaran produk olahan Kue Kacang Emping Melinjo. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 15–19.

Aryani, D. I., Nurviana, N., & Heryadi, H. (2020). Pelatihan Pembuatan kemasan sabun bunga matahari di Desa Bojonghaleuang sebagai program community empowerment. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 76–85.

Askar, H. (2023). Social Study of Tourism Perceptions in Idaman Mangrove Ecotourism of Balang Baru Village, Tarowang District, Jeneponto Regency. Torani Journal of Fisheries and Marine Science, 6(2), 169–182.

Dewi, M., Hubeis, M., & Riani, E. (2020). Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta). MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 15(1), 77–83.

Farisni, T. N., Hasanah, U., & Arphi, N. (2019). IbW Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Budidaya Ikan LelE Sistem Bioflok di Desa Blangkuala, Meukek, Aceh Selatan. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 21–30.

Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. (2020). Pelatihan dan pendampingan UMKM di desa gajahrejo dalam pembuatan desain kemasan inovatif oleh-oleh khas malang untuk meningkatkan daya saing produk. VIVABIO: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1), 22–29.

Ma’ruf, I. (2016). Budidaya lele sistem bioflok solusi ketahanan pangan masyarakat perkotaan. Jurnal Societa, 2, 82–86.

Nindiani, A., & Safitri, F. (2022). PERENCANAAN DESAIN KEMASAN KERIPIK UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PRODUK PADA USAHA MIKRO KECIL DI DESA MULYASEJATI. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 2(1), 1430–1438.

Pricilla, L., Octaviani, I. S., Karolina, K., Faisal, F., & Purnama, A. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Kemasan Produk Kue Tradisional pada Usaha Kecil dan Menengah Masyarakat Desa Cicalengka Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang-Banten. Dedikasi PKM, 1(3), 120–125.

Putri, A. D., Permatasari, B., & Suwarni, E. (2023). Strategi Desain Kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Jual Produk Umkm Kelurahan Labuhan Dalam Bandarlampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 4(1), 119–123.

Setyaningrum, N., Sugiharto, S., & Sukmaningrum, S. (2020). Peningkatan produksi ikan lele dumbo dengan pemberian suplemen vitamin C. Dinamika Journal: Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Sulistiyowati, L. N., & Putro, P. U. W. (2021). Pelatihan Pembuatan Kemasan Kain Batik Tulis Murni Ngangkrik di Desa Sidomulyo Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun. Adi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 89–94.

Wahmuda, F., & Hidayat, M. J. (2020). Redesain Logo Dan Media Promosi Sebagai Citra Produk Makanan Ringan Ukm Benok. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(02), 147–159.

Yasmi, M. R. (2023). Pengembangan Desain Produk Kemasan Kopi di Sapuangin Kopi Basecamp Merapi dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD) dan Kano. Jurnal Syntax Admiration, 4(1), 125–137.

Yulistina, D. S., & Prasetyo, A. (2022). PENDAMPINGAN & PEMBUATAN LOGO KEMASAN “OPAK KETAN DAN RENGGINANG” SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING PEMASARAN INDUSTRI UMKM DI DESA KEDAWUNG. PROSIDING KONFERENSI NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG, 2(1), 2398–2405.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1295-1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.