SOSIALISASI PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMILIH PEMULA TERHADAP TATA CARA PEMILIHAN DI DESA DANGIN PURI KELOD
Abstract
Pemilu merupakan kegiatan yang merujuk kepada proses demokrasi dimana warga negara secara langsung maupun tidak langsung memilih wakil-wakil mereka untuk mengisi jabatan politik tertentu dalam suatu lembaga legislatif. Dalam pemilu 2024, partisipasi pemilih pemula akan memberikan dampak yang signifikan terhadap arah masa depan negara. Pemilihan umum di tingkat desa memegang peran penting dalam menjaga keberlanjutan demokrasi di Indonesia. Salah satu desa yang menjadi fokus penelitian adalah Desa Dangin Puri Kelod. Permasalahan yang terjadi adalah bagaimana cara meningkatkan pemahaman pemilih pemula terhadap tata cara pemilihan di Desa Dangin Puri Kelod? Upaya yang dilakukan adalah sosialisasi dan edukasi, masyarakat Desa Dangin Puri Kelod khususnya pemilih pemula menjadi lebih memahami terkait pentingnya pemilu dan tata cara pemilihan, sehingga meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam proses demokratis di Desa Dangin Puri Kelod. Dari kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya pemilih pemula akan pentingkan hak suara sebagai bentuk demokrasi dan menjadi sarana untuk menampung kedaulatan rakyat dalam memastikan keterwakilan yang adil serta meningkatkan presentase pemilih di Desa Dangin Puri Kelod dari pemilu sebelumnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fajrie, I. P., Kariem, M. Q., & Isabella. (2022). Persepsi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilu Tahun 2024.
Santoso, T., & Budhiati, I. (2018). PEMILU DI INDONESIA.
Haris, M., Dan, Z., Saufi -Urgensi, A., Pemilih, P., Menuju, M., Umum, P., Berintegritas, Y., Muhammad, O. ;, Zulkarnain, H., & Saufi, A. (t.t.). JURNAL BAWASLU PROVINSI KEPULAUAN RIAU URGENSI PENDIDIKAN PEMILIH MUDA MENUJU PEMILIHAN UMUM 2024 YANG BERINTEGRITAS (Vol. 3).
Hidayat, A. (2020). Manfaat Pelaksanaan Pemilu untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmu Politik, 2(1), 61–74.
Indrawan, J., & Yuliandri, P. (2023). Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 4(1), 184–196.
Irayanti, I., Ipandang, I., Ahmadi, A., Ibrahim, M. M., & Wahid, A. (2022). Sosialisasi Pendidikan Demokrasi pada Pemilih Pemula. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 161–166.
Julia Mahadewi, K. (2023). Dalam Konteks Perubahan Sosial. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 126–133.
Mangngasing, N., Haryono, D., Nuraisyah, Nasrullah, & Indriani, N. (2023). SOSIALISASI PENINGKATAN KETERLIBATAN PEMILIH PEMULA PADA PEMILU 2024 DI KECAMATAN SARJO. Jurnal Ilmiah Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 49–62.
Rahman, A., & Suharno. (2020). PELAKSANAAN PENDIDIKAN POLITIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN POLITIK SISWA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290.
Rohendi, R., & Muzzamil. (2021). Tipologi Pemilih Pemula pada Pilkada Jabar 2018: Studi tentang Tipe Pemilih dari Kalangan Remaja di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(1), 46–65.
Santoso, T., & Budhiati, I. (2018). PEMILU DI INDONESIA.
Silalahi, W. (2022). INTEGRITAS DAN PROFESIONALITAS PENYELENGGARA PEMILU DEMI TERWUJUDNYA PEMILU YANG DEMOKRATIS. Jurna Bawaslu Provinsi Kepulauan Riau, 4(1), 71–83.
Sukendar, M. U., Sos, S., & Kom, M. I. (2017). PEMILIHAN PRESIDEN, MEDIA SOSIAL DAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA (Vol. 1, Nomor 5).
Wijayanti, S. K. (2020). Peran KPU Kota Surakarta Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu Serentak Tahun 2019. Solidaritas, 4(2).
Zahro, S., Negeri Abdurrahman Wahid Pekalongan, I. K., Nur Kamilah, M., Ardiansyah, M., Maghfirotus Safitri, I., Sofina Naharina, P., & Nanda Waraswati, A. (2023). Kesadaran Berpolitik Di Indonesia. JOCER: Journal of Civic Education Research All right reserved Page |, 49(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1181-1190
Refbacks
- There are currently no refbacks.