PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WORD CHAIN BAGI SISWA – SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Muchammad Sofyan Firmansyah, Syaefani Arif Romadhon, Arifany Ferida

Abstract


Berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris bukanlah sesuatu yang mudah bagi pelajar di Indonesia. Masih banyak pelajar, bahkan mereka yang sedang menempuh pendidikan tingkat tinggi, yang merasa bahasa Inggris sulit untuk dipelajari. Walaupun bahasa Inggris sudah diajarkan sejak SD, namun masih ada siswa yang belum bisa atau kurang percaya diri berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Sebagian besar masalah mereka adalah kosa kata. Banyak dari mereka yang masih bingung menerjemahkan Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris karena kurangnya kosa kata Bahasa Inggris. Pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan difokuskan pada pengayaan kosa kata kepada siswa pendidikan tinggi khususnya siswa sekolah menengah kejuruan. Urgensi penguasaan bahasa Inggris demi komunikasi oleh siswa SMK adalah sebagian besar dari mereka ingin melamar pekerjaan setelah lulus. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah metode pembelajaran gamifikasi yang dikenal dengan istilah rantai kata. Tujuannya agar siswa merasa bahwa belajar dan menghafal kosa kata itu menyenangkan untuk dilakukan. SMK N 1 Brebes dipilih menjadi objek pengabdian kepada masyarakat ini karena sekolah tersebut mempunyai visi untuk mempersiapkan siswanya agar mampu bekerja tidak hanya di perusahaan dalam negeri tetapi juga di perusahaan internasional setelah lulus.

Keywords


Pengabdian Masyarakat; Bahasa Inggris; Kosa Kata; Vokasi

Full Text:

PDF

References


Abbas, M. F. F. (2014). APPLYING WORD CHAIN GAME TO IMPROVE STUDENTS’VOCABULARY MASTERY. ELT-Lectura, 1(1). http://journal.unilak.ac.id/index.php/ELT-Lectura/article/view/450

Amelia, D. (2021). Upaya peningkatan kosakata bahasa Inggris melalui storytelling slide and sound. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(1), 22–26.

Erzad, A. M. (2015). Inovasi Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Praktikum Bahasa Inggris Di Stain Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(2), Article 2.

Firmansyah, A. Y., & Adi, H. (2015). Applying the “word chain” game to teach descriptive speaking to the eight graders in SMPN 26 Surabaya. Jurnal Mahasiswa UNESA, 3 (2), 1, 7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12982

Iriance, I. (2018). Bahasa Inggris sebagai bahasa lingua franca dan posisi kemampuan bahasa Inggris masyarakat Indonesia diantara anggota MEA. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 9, 776–783.

Izzah, Z. (2015). The Use of Word Chain Game to Improve Vocabulary Mastery of The Eight Grade Students at SMP N 3 Kalibagor [PhD Thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO]. https://repository.ump.ac.id/46/

Yanti, R. (2017). The implementation of word chain game to improve the mastery of English vocabulary [PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1912/




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i3.1173-1178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.