PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA DENGAN CHAT GPT DI MADRASAH ALIYAH NAHDHATUL ULAMA PETUNG GRESIK
Abstract
Era kurikulum merdeka menghadirkan berbagai perubahan dan tantangan baru bagi guru. Beberapa kekurangan yang mungkin dihadapi oleh guru dalam era kurikulum merdeka yang patut mendapat sorotan adalah beban kerja yang lebih besar karena banyak hal yang harus dipenuhi oleh guru dalam hal menyusun materi, penilaian, dan pelaporan kemajuan siswa. Hal tersebut menjadi masalah yang sangat besar terutama bagi guru yang tidak terbiasa dengan teknologi atau lingkungan mengajar yang kurang mendukung infrastruktur teknologi. Bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan ini bertujuan untuk membantu guru Madrasah Aliyah Nadhotul Ulama Petung untuk menyusun modul ajar Kurikulum Merdeka dengan bantuan teknologi yaitu Chat GPT. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini adalah Focus Grup Discussion dan workshop. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dua sesi yaitu tanggal 24 November 2023 untuk FGD tentang modul ajar kurikulum merdeka dan 26 November 2023 untuk workshop penyusunan modul ajar kurikulum merdeka. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 orang guru dari beberapa mata pelajaran yang diajarkan di MA NU Petung. Dari hasil workshop didapat nilai rata-rata untuk kelengkapan modul ajar yang dibuat oleh guru sebesar 79%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2023). Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(1), 456–463. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779
Kemdikbud. (2022). Buku Saku: Tanya Jawab Kurikulum Merdeka. kspstendik kemdikbud.
Kesumawati, N., Octaria, D., Lestaria Ningsih, Y., Fitriasari, P., Septiani Mulbasari, A., Dwi Nopriyanti, T., & Marga Retta, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Bagi Guru SMA/SMK di Tebing Tinggi. 2(2). https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4586
Lismina. (2018). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi: Vol. Cetakan Pertama (Gianto, Ed.). Uwais Inspirasi Indonesia.
Maipita, I., Dalimunthe, M. B., & Hafiz Sagala, G. (2021). The Development Structure of the Merdeka Belajar Curriculum in the Industrial Revolution Era.
Salinan KEPMEN 162 tentang Program Sekolah Penggerak, Pub. L. No. 162/M/2021 (2021).
Peningkatan, U., Kepala, K., Sebagai, S., Pembelajaran, P., Program, P., Penggerak, S., Nganjuk, D., Rahayuningsih, S., & Rijanto, A. (2022). Efforts to Improve the Competence of Principals as Learning Leaders in Driving School Programs in Nganjuk. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(02), 120–126.
Saputra, R. (2023, September 15). 6 Alasan Guru Dapat Menggunakan ChatGPT Sebagai Pelatihan dan Sarana Mencari Ide Kreatif dalam Mengajar6 Alasan Guru Dapat Menggunakan ChatGPT Sebagai Pelatihan dan Sarana Mencari Ide Kreatif dalam Mengajar.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. Jurnal PETISI, 04(01). https://chat.openai.com.
Standar, B., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, D., & Teknologi, D. (n.d.). Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Standar Proses - Permendikbudristek No 16 Tahun 2022 ttg Standar Proses. (n.d.).
Sufyadi, S. dkk. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Kemendikbud Ristek.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Education Journal : Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Werdiningsih Sunismi Sri Wahyuni Editor, D., Ambarwati, A., & Yayan Eryk Setiawan, Mp. (2021). Pembelajaran Aktif dengan Case Method. www.penerbitlitnus.co.id
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v7i4.1227-1237
Refbacks
- There are currently no refbacks.