PENYULUHAN MANFAAT E-COMMERCE BAGI USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DI KELURAHAN SERUA, BOJONGSARI, DEPOK
Abstract
Kemajuan teknologi informasi seperti internet memfasilitasi para pelaku usaha termasuk di dalamya UMKM untuk dapat memperoleh manfaat ekonomi serta meningkatkan daya saing dalam memasarkan produknya. Kondisi ini tentu saja menuntut para pelaku UMKM untuk dapat beradaptasi maupun mengadopsi kemajuan teknologi informasi ini. E-commerce menjadi salah satu bentuk perkembangan kegiatan ekonomi berbasis digital. Melalui e-commerce, para pelaku usaha dapat memperluas pasar serta meningkatkan efisiensi dalam kegiatan usaha. Pemanfaatan e-commerce di lingkungan UMKM ini menjadi topik menarik dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh tim pengabdi. Berdasarkan diskusi dengan tim Pokja Keluarahan Sehat Serua didapatkan informasi bahwa potensi UMKM di Desa Serua masih perlu mendapatkan penyuluhan lebih lanjut mengenai pemanfaatan e-commerce. Oleh karena itu, melalui kerja sama dengan tim Pokja Kelurahan Sehat Serua, tim pengabdi melaksanakan kegiatan penyuluhan tentang manfaat e-commerce bagi UMKM di Desa Serua. Melalui kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan, para peserta sangat tertarik dengan topik e-commerce serta ingin mempelajari lebih lanjut praktik penggunaan e-commerce.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2486
Darmastuti, S., Juned, M., Ali, S., & Satrio, J. (2021). Pelatihan Pembuatan Konten Media Sosial Dalam Strategi Marketing Bagi Karang Taruna Desa Panyirapan, Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 83–92.
Darmastuti, S., Juned, M., Putri, S. Y., Salam, S., & Utami, R. A. A. (2023). Sosialisasi Pemahaman E-commerce di Yayasan Al-Kamilah, Serua,
Bojongsari, Depok. AMMA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 268–274.
Kayatun, S. N., Nurfitri, N., Ghani, M., Histiarini, A. R., Masniar, M., & Hahury, S. (2023). Peningkatan Penjualan Produk Melalui Digital Marketing di Kelurahan Malanu Distrik Sorong Utara. MARTABE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1832–1837.
Muhazir, A., Fauziah, R., Andri Agus, R. T., & Alfitri, A. (2021). Penyuluhan UMKM GO Digital untuk Meningkatkan Omset Menggunakan Internet dan Media Sosial Pada UMKM Di Desa Sei Kepayang Kanan. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(2), 236. https://doi.org/10.54314/jpstm.v1i2.828
Munaldi, M., & Tyas, T. T. M. (2022). Analisis Kendala Pemanfaatan E-Commerce dalam Pengembangan Produktivitas Usaha Perbelanjaan. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 1(2), 45–49.
Narto, N., Junianto, D., & HM, G. (2022). STRATEGI KEBERLANJUTAN PASCA PANDEMI COVID-19 PADA INDUSTRI KREATIF BERBASIS PONTENSI DAERAH (Studi Kasus UMKM UD Arshaindo Gresik). JURNAL REKAYASA SISTEM INDUSTRI, 7(2), 8–12. https://doi.org/10.33884/jrsi.v7i2.5493
Rismawati, D. A., & Yuniarto, A. S. (2022). Pendampingan Digital Marketing Melalui Platform Media Sosial Pada KM Aluminium Sorosutan Yogyakarta. MARTABE : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(10), 3707–3714.
Sophiana Widiastutie, Darmastuti, S., Juned, M., Nahampun, A. G., Chaerunisa, F., & Amellia, S. (2022). Penyuluhan Strategi Branding Kopi Lokal di Pasar Global bagi Komunitas Teman Kohi. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 871–880. https://doi.org/10.55983/empjcs.v1i6.329
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i8.2737-2748
Refbacks
- There are currently no refbacks.