EDUKASI PENGELOLAHAN KANTIN BERSERIH DI MIM 3 PENATARSEWU KABUPATEN SIDOARJO JAWA TIMUR

Puspita Handayani, Galuh Rahmana Hanum, Supriyadi Supriyadi, Muhammad Bagas M, Ario Khoirul Habib

Abstract


Kantin sekolah merupakan tempat dimana peserta didik memenuhi kebutuhan makan dan minum selama mereka di sekolah. Peserta didik hampir seharian waktunya dihabiskan di sekolah, maka asupan gizi mereka perlu diperhatikan dengan sekolah menyediakan makanan, jajanan dan minuman yang sehat, bergizi dan halal tentunya. Maka dalam mewujutkan kantin BERSERIH (Bersih, sehat, indah dan halal) perlu adanya komitmen dari manajemen sekolah, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta mutu pangan. Kantin MI Muhammadiyah 3 Penatarsewu merupakan lokasi pengabdian tim dosen Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Kondisi kantin di sekolah tersebut sangat memprihatinkan, jauh dari layak untuk dikunjungi belum lagi makanan yang dijual masih belum memenuhi sehat, bergizi apalagi halal. Dengan adanya pendampingan dan edukasi tentang jajanan sehat, bergizi serta halal memberikan kesadaran bagi warga sekolah khususnya guru dan pedagang kantin dilanjutkan redekorasi kantin sehingga lebih bersih, indah dan nyaman. Hasil dari pengabdian selain munculnya kesadaran mengkonsumsi jajanan sehat dan bergizi juga kehalalan produk, kondisih kantin yang bersih dan nyaman membuat siswa lebih memilih jajan di kantin dari pada jajan di luar sekolah.

Keywords


kantin sekolah, bergizi, sehat, halal

Full Text:

PDF

References


Asmi, N. F., Puspasari, K., & Nurpratama, W. L. (2023). Pembuatan Komik “ Jajananku Sehat ” Sebagai Media Edukasi Makanan Jajajan pada Remaja di SMP Negeri 2 Cikarang Utara. MARTABE:Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 365–372.

Dan, H., Makanan, S., Di, J., Sekolah, K., & Di, D. (2017). Higiene dan sanitasi makanan jajanan di kantin sekolah dasar di kecamatan buke kabupaten konawe selatan tahun 2016. JIMKESMAS, 2(6), 1–12.

Kemkes. (2023). Data Survei Status Gizi Nasional. Upk.Kemkes.Go.Id. https://promkes.kemkes.go.id/materi-hasil-survei-status-gizi-indonesia-ssgi-2022

Kurniadi, Y., Saam, Z., Pascasarjana, D., Lingkungan, I., & Afandi, D. (2013). Faktor Kontaminasi Bakteri e. Coli pada Makanan Jajanan di Lingkungan Kantin Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Bangkinang. Jurnal Ilmu Lingkungan, 7(1), 28–37.

Kustipia, R., Suparjo, A., & Sriastuti, M. (2021). Penerapan Edukasi Kantin Sekolah BERHAZI ( Beragam-Halal-Bergizi ) di Penerapan Edukasi Kantin Sekolah BERHAZI ( Beragam-Halal-Bergizi ) di Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya. 2021(November 2017).

Lestari, A. (2021). Hubungan Perilaku Mengkonsumsi Makanan Jajanan Kantin Sekolah dengan Status Gizi Siswa SD Inpres Moutong Tengah The Relationship Between the Behavior of Consuming Snack Food in the School Canteen with the Nutritional Status of the Middle Moutong Inpres El. PROMOTIF:Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(01), 87–94.

Mayasari, I. (2020). Pendidikan Gizi dan Pembinaan Kantin Sehat Sekolah Dasar di Kecamatan Gunungpati, Semarang. Darussalam Nutrition Journal, 4(1), 24–34.

Rohmah, J., Cholifah, S., & Rezania, V. (2019). Pelatihan Higiene dan Sanitasi Makanan pada Pedagang Makanan di Kantin SD. Loyalitas Jurnal Pengabdian Masyarakat, II(November), 170–179.

Siti. (2023). Wawancara Pedagang Kantin (p. 1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i7.2520-2527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.