PENINGKATAN LITERASI KEUANGAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI SATU ATAP 8 PALANGKA RAYA, KALIMANTAN TENGAH
Abstract
Permasalahan yang muncul akibat dari tidak adanya pengetahuan mengenai literasi keuangan perlu untuk diminimalisir sejak dini. Pengetahuan literasi keuangan harus diberikan kepada peserta didik saat mereka sudah mengenal instrumen keuangan dan turunannya. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat tim Universitas Muhammadiyah Palangkaraya yaitu peningkatan literasi keuangan pada peserta didik SMP Negeri Satu Atap 8 Palangka Raya. Terdiri dari 39 orang dari 48 peserta didik dari semua tingkatan. Pendekatan yang digunakan terdiri dari kuantitatif dan kualitatif untuk mengungkap peningkatan literasi pada peserta didik melalui pre-test dan post-test, wawancara serta pengamatan melalui aktivitas bermain menentukan kebutuhan dan keinginan. Hasil yang didapatkan bahwa secara kuantitatif tidak ditemukan adanya peningkatan literasi keuangan dikarenakan kurangnya penjagaan saat menjawab pretest dan post-test. Namun, jika menggunakan wawancara dan pengamatan melalui aktivitas bermain menentukan kebutuhan dan keinginan dapat digambarkan terdapat peningkatan dari literasi keuangan peserta didik di SMP Negeri Satu Atap 8 Palangka Raya. Secara lebih rinci dijelaskan pada artikel ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bucciol, A., & Veronesi, M. (2014). Teaching children to save: What is the best strategy for lifetime savings? Journal of Economic Psychology, 45, 1–17.
Destriani, S., Rukmi, H. S., & Susanty, S. (2013). Usulan Perbaikan Kualitas Pelayanan Minimarket Intimart Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Matrix. Reka Integra, 1(4).
Fernandes, D., Lynch, J. G., & Netemeyer, R. G. (2014). Financial literacy, financial education, and downstream financial behaviors. Management Science, 60(8), 1861–1883. https://doi.org/10.1287/mnsc.2013.1849
Gnambs, T., & Kaspar, K. (2017). Socially desirable responding in web-based questionnaires: A meta-analytic review of the candor hypothesis. Assessment, 24(6), 746–762.
Guntoro, D. W., Munandar, H., Herman, H., & Mustikaningsih, W. (2022). Peningkatan Pemahaman Financial Digital Transformation Pengurus Panti Asuhan Berkah Palangka Raya. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(8), 3077–3084.
Kaiser, T., & Menkhoff, L. (2020). Financial education in schools: A meta-analysis of experimental studies. Economics of Education Review, 78, 101930.
Lawlor, M. A., & Prothero, A. (2008). Exploring children’s understanding of television advertising - Beyond the advertiser’s perspective. European Journal of Marketing, 42(11–12),
–1223. https://doi.org/10.1108/03090560810903646
Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Pramuaji, K. A., & Loekmono, L. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Alat Ukur Penelitian: Quesionnaire Emphaty. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 9(2), 74–78.
Shariffuddin, S. A., & Holmes, R. J. (2009). Cheating in examinations: a study of academic dishonesty in a Malaysian college.
Refbacks
- There are currently no refbacks.