PEMANFAATAN APLIKASI HELLOTALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA MADRASAH ALIYAH DI PADANGSIDIMPUAN

Sri Wahyuni Hasibuan, Ade Khadijatul Z Harahap, Lia Agustina Damanik

Abstract


Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi Bahasa Inggris siswa madrasah Aliyah di Kota Padangsidimpuan dengan menggunakan aplikasi HelloTalk. Tim dalam PKM ini terdiri dari 3 orang dosen dan 2 orang mahasiswa Tadris Bahasa Inggris STAIN Mandailing Natal. Pengabdian dilaksanakan pada bulan Desember 2022 dengan melakukan 3 kali kunjungan/pelaksanaan ke MAN 1 Padangsidimpuan dan MAN 2 Model Padangsidimpuan. Kunjungan kegiatan yang pertama adalah observasi dan pengambilan data, kunjungan yang kedua adalah pelatihan penggunaan aplikasi dan terakhir adalah monitoring dan evaluasi hasil. Metode yang digunakan dalam PKM adalah Participatory Action Research (PAR). Hasil dari pelaksanaan program adalah meningkatnya kemampuan Bahasa Inggris siswa madrasah. Mereka menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi secara langsung kepada penutur asli dan menggunakan aplikasi ini untuk belajar membaca teks, mendengarkan dan pelafalan. Secara keseluruhan, pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan sangat baik ditunjukkan dengan siswa sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi dan dalam pelaksanaan penggunaan aplikasi. Program ini telah memberikan warna baru pada pembelajaran Bahasa Inggris yang dianggap cukup sulit bagi siswa.

Keywords


Aplikasi HelloTalk, Kemampuan Bahasa Inggris, Siswa, Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. (Vol. 1)(No. 4).

Irmawati, D. (2016). Faktor-Faktor Penghambat Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Kota Malang. Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya.

Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.

Lutfiansyah. (2016). Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris (Pengamatan Terhadap Sumber Belajar Berbasis Android Melalui Media Mobile Smartphone). Eduscience – Volume 2 Nomor 1, Agustus 2016

Nugraheni, M.W. (2017). Media Sosial Berbahasi Pembelajaran Bahasa Asing “HelloTalk” Sebagai Alternatif Media Belajar Bahasa Indonesi Bagi Peserta BIPA. Seminar Nasional KABASTRA II. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Obisuru, M & Purbani, W. (2016). Kemampuan Menulis Bajasa Inggris Siswa Melalui Self-Editing and Self- Correcting Berdasarkan Analisis Kesalahan Grammatika dan Kosakata. LingTera Jurnal Volume 3-Number 1, May 2016, (51-59).

Ridwan, A dkk. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Sastra di Era Digital. Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesinso.

Susanto, Y. (2017). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara dan Menulis Siswa Kelas IV SDN Gugus Pengera Diponegoro Kecamaran Ngaliyan. Semarang: Universitas Negeri Semarang

https://www.hellotalk.com/?lang=id




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i3.1143-1154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.