PELATIHAN MENGOLAH PRODUK PASTRY AND BAKERY SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN SISWA SMK HARAPAN BERSAMA KOTA TEGAL

Puput Dewi Anggraeni, Hana Yulinda Fithriyani, Hans Hera Amalia

Abstract


Siswa/i SMK Harapan Bersama jurusan perhotelan sangat perlu dibekali ketrampilan pengolahan produk pastry dan bakery karena mereka tidak mempraktikkan secara langsung di sekolah dan hanya diberikan pengetahuan sekilas tentang peralatan yang digunakan. Hal ini terkendala pada fasilitas sarana dan prasarana di sekolah yang sangat terbatas. Padahal ketrampilan pengolahan produk pastry dan bakery sangat dibutuhkan oleh siswa, karena sangat memungkinkan pada saat siswa PKL di hotel atau restoran ada yang mendapatkan bagian di kitchen. Oleh karena itu siswa/i SMK Harapan Bersama jurusan perhotelan harus mendapatkan pelatihan mengenai pengolahan produk pastry dan bakery berupa fudgy brownies, yang bertujuan untuk menambah ilmu dan pengetahuan siswa SMK Harapan Bersama tentang pastry dan bakery, meningkatkan ketrampilan siswa SMK Harapan Bersama dalam mengolah produk pastry dan bakery, dan setelah selesai pelatihan mengolah produk pastry dan bakery, diharapkan siswa SMK Harapan Bersama mendapatkan ilmu dan pengetahuan tentang pastry dan bakery serta dapat mempraktikkanya di rumah atau di tempat PKL. Dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk siswa SMK Harapan Bersama yang ingin berwirausaha. Metode yang digunakan adalah survei, pengumpulan data dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini peserta mengikuti acara dengan lancar, terlihat senang dan tertarik untuk dapat mempraktikkannya di rumah, karena bahan pembuatan fudgy brownies gampang dicari dan peralatan yang digunakan juga ada di masing-masing rumah peserta.


Keywords


Pastry, Bakery, Fudgy Brownies

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, P. D., & Sabrina, T. A. (2020). Analysis of Knowledge About Flour for Readiness of Pastry Practice of Students Study Program DIII Hospitality Harapan Bersama Polytechnic in Tegal. Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies, 5(1), 1–7. http://www.jitps.ui.ac.id/index.php/Tourism/article/view/157

Dewi, S. A. (2022). PERBANDINGAN KUALITAS BROWNIES COKLAT DENGAN CAMPURAN WORTEL QUALITY COMPARISON OF CHOCOLATE BROWNIES WITH CARROT MIX . Jurnal Mahasiswa Pariwisata Dan Bisnis, 1(4), 1008–1029.

google.maps. (2022, November 27). Lokasi Politeknik Harapan Bersama . Google.Maps.Com.

kemdikbud. (2022, November 27). Struktur Kurikulum Merdeka. Kemdikbud.Go.Id.

Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan bersaing usaha cake dan bakery: peran orientasi pasar, orientasi kewirausahaan, dan inovasi produk. JURNAL MANAJEMEN, 10(2), 88–96. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN

Prilianty, S. V., & Andriani, R. (2021). Kreasi Brownies Berbahan Dasar Tahu Susu Dan Daun Kelor Sebagai Produk Home Industry. Jurnal Kajian Pariwisata, 3(1), 19–24.

Suardana, I. K., & Sari, I. N. (2021). PERAN PASTRY DAN BAKERY TERHADAP KEPUASAAN PELANGGAN DI TOKO DELI HOTEL MAJAPAHIT SURABAYA. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 4(1), 36–44.

Yulianto, & Novitasari, P. (2016). Peranan Pastry Section Dalam Meningkatkan Pendapatan Di Ros In Hotel Yogyakarta. Khasanah Ilmu, 7(1), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v6i4.1326-1331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.