PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SMP

Nur Fauziah Siregar

Abstract


Pembelajaran matematika belum sepenuhnya fokus terhadap pengembangan HOTS. Hal ini mengakibatkan masalah bagi siswa masih kurang mampu dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS). Model PBL dinilai memiliki kesesuaian dalam melatih HOTS siswa karena sintaks dalam PBL ada proses pemecahan masalah yang sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skills dalam Pemebelajaran Matematika Siswa dan Untuk mengetahui respon siswa terhadap Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 7 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Pretes Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII. Kelas eksperimen VIII-3 dengan jumlah 27 orang dan kelas kontrol VIII-4 dengan 24 siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap Higher Order Thinking Skill dalam pembelajaran matematika siswa SMPN 7 Padangsidimpuan. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung (=5,364) > ttabel (=1,676). (2) Respon siswa terhadap komponen serta seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran Problem Based Learning menghasilkan respon yang positif.


Keywords


Model Problem Based Learning, Higher order Thinking Sikks

Full Text:

PDF

References


Bachri, Syamsul. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

BSNP. Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah: Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Jakarta: BSNP, 2006.

Creswell, John W. 2012 Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herman, Tatang. 2007 “Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Educationist I, no. I : 47–56.

Mahmudah, Wilda. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe Hots Berdasar Teori Newman.” Jurnal UJMC Vol.4 (n.d.): 49–56.

Mandini, Gity Wulang, and Hartono Hartono. 2018,“Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal HOTS Model TIMSS Dan Kepercayaan Diri Siswa Sekolah Menengah Pertama An Analysis of Junior High School Students ’ Ability in Solving HOTS Model TIMSS and Self-Confidence” 13, no. 2: 148–57.

Siregar, Nur Fauziah, 2017. Psikologi dalam Pembelajaran Matematika, Jurnal Logaritma, Vol. 5 No. 01.

Riadi, A. & Retnawati, H. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan HOTS Pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. No.2.

Riadi, Arifin. 2016 “Problem Based Learning Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Siswa Kelas VIII SMPN 1 Daha Utara Dan SMPN 2 Daha Utara.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. No.3.

Riadi, Arifin, and Heri Retnawati. 2014 “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan HOTS Pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit to Improve HOTS for Flat Side of Space Competence” 9: 126–35.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Cara Membuat Soal HOTS. Tanggerang: Tsmart.

——— 2017. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sastrawati, Eka. 2011 “Problem-Based Learning, Strategi Metakognisi, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa.” Tekno Pedagogi 1, no. 2: 1–14.

Setiawan. 2012 “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Higher Order Thinking.” Unnes Journal of Research Mathematics Education 1, no. 1: 72–80.

Suratno, Kamid, Sinabang, Y. 2020 “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1, no. No.1.

Woolfolk, A. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition. Terjemahan Oleh : Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v7i1.14-23

Article Metrics

Abstract view : 2928 times
PDF - 1140 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.