DISKURSUS TEORITIS TENTANG AGAMA (RELIGI) DALAM RAGAM PERSPEKTIF DI KALANGAN ILMUAN BARAT

Ichwansyah Tampubolon

Abstract


Ada beragam defenisi agama yang dikemukakan oleh para ilmuan Barat sesuai dengan perspektif yang mereka gunakan masing-masing. Secara keilmuan, pada umumnya, agama itu mereka defenisikan dari sudut pandang Ilmu-Ilmu Humaniora, khususnya Ilmu Antropologi Budaya dan Filsafat. Dalam pada itu, agama juga didefenisikan dari sudut pandang Ilmu-Ilmu Sosial, seperti: Ilmu Sosiologi dan Ilmu Psikologi-Spiritualistik. Lalu, secara teoritis, agama mereka defenisikan dari sisi substansi dan fungsinya. Namun, di samping itu, mereka juga memiliki titik persamaan dalam membangun defenisi agama, yaitu: sama-sama menggunakan paradigma antroposentrisme-naturalistik. Artinya, pada umumnya, kalangan ilmuan Barat mendefenisikan agama berbasis pada manifesto keberagamaan secara empirik-fenomenologis dari sisi pemahaman, pengalaman batin, dan praktisnya daripada berbasis pada sumber ajarannya (kitab suci).

Full Text:

PDF

References


Brown, A. Radcliffe .“Religion and Society” dalam Journal of the Royal Anthropological Institute, vol. LXXV, 1945.

-----------Structure and Function in Primitive Society. London: Routledge & Kegan Paul, 1986.

Cannon, Dale. Enam Cara Beragama. Jakarta: Diperta Depag RI, 2002.

Creswell, John W. Research Design: Qualitative & Quantitative Approach. London: Sage, 1993.

Durkheim, Emile. Elementary Forms of Religious Life, Penerjemah Joseph Ward Swain. London: George Allen & Unwin, 1976.

Encyclopedia Britannica

Geertz, Clifford. “Religion as a Cultural System”, dalam Michael Balton (ed.), Anthropological Approaches to the Study of Religion. London: Tavistock Press, 1969.

Goody, J. “Religion and Ritual: the Defenition Problem”, dalam British Journal Sociology, vol. XII, hlm. 157-158.

Greeley, Andrew M. Agama: Suatu Teori Sekuler, Penerjemah Abdul Djamal Soamole. Jakarta: Erlangga, 1988.

Kunin, Seth D. Religion: The Modern Theories. Edinburgh: University of Edinburgh, 2003.

Merriam-Webster Dictionary, USA. t.t.

Nielsen, Donald A. "Theory" dalam Swatos, William H., Jr (ed.). Encyclopedia of Religion and Society. AltaMira Press, 1998.

Otto, Rudolf . The Idea of the Holy, trans. John W. Harvey. New York: Oxford University Press, 1958.

Oxford Advanced Learner’s Dictionary, International Student’s edition, Oxford University Press, t.t.

Pals, Daniels L. Seven Theories of Religion. New York: Oxford University Press, 1996.

Radiono, A.P. Membina Kerukunan Hidup Antar Umat Beriman. Surakarta: Pusat Pembinaan Konteks Riset, 1981.

Schmidt, Roger (at.all). Patterns of Religion. USA: Wadswoth Publishing Company, 1999.

Storm, Jason Josephson. The Myth of Disenchantment: Magic, Modernity, and the Birth of the Human Sciences. Chicago: University of Chicago Press, 2017.

Tylor, Edward. Primitive Culture: Research into the Development of Mythology, Philosophy, Religion, Art, and Costum. London: John Murray, 1920/1871.

Yinger, J.M. Religion, Society and the Individual. New York: MacMillan, 1957.

https://www.igi-global.com/dictionary/employing-grounded-theory-approach-

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.%25p

Article Metrics

Abstract view : 251 times
PDF - 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.