MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF HADIS

Idris Siregar

Abstract


Membangun karakter memerlukan penanaman prinsip-prinsip penting pada orang muda melalui pendidikan dan bimbingan sehingga mereka dapat mempelajarinya, berinteraksi dengannya, dan pada akhirnya menjadikan mereka bagian dari diri mereka sendiri. Karena anak-anak pada usia ini adalah spons, proses perkembangan karakter sangat bermanfaat pada periode ini. Sebagai hasil dari perilaku beberapa anak yang lebih kecil, ungkapan "Kids Age Now" telah muncul. Itu benar; jelas tidak semua anak bertindak seperti itu. Pendidikan Islam atau pengamalan keyakinan agama dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi alternatif pendekatan pengembangan karakter yang dapat membantu masyarakat mengatasi bencana ini. Hadits adalah salah satu bidang Islam yang boleh diajarkan kepada orang lain. Memperkenalkan hadits kepada anak-anak sejak usia muda membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang berpengetahuan luas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa substansi berbagai hadis membentuk kepribadian anak muda.


Keywords


Hadis, Karakter, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abu Daud. Sunan Abu Daud. Beirut: Dar al- Fikr, 1994.

Afwadzi, B. Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 2016.

Ahmad bin Hanbal, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. Muassah ar-Risalah: cet. Ke-2,1999.

Al-Asqalani, Syihab ad-Din Ahmad ibn Ali ibn Hajar. Fath al-Bari. Kairo: Dar Mustafa al-Babi al-Halab, t.t.

Al-Bukhari. Sahih Al-Bukhari. Beirut: Daral-Kitab al-Ilmiyyah, 1992.

Ali, N. Kependidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Penelitian Agama, 2008.

An-Nasa’i. Sunan an-Nasa’i. Mesir: Syirkah Maktabah al-Babi al-Halabi, 1964.

At-Tirmidzi, S. (1988). Al-Jami’us shohih wahuwa Sunan at-Tirmidzi. Beirut: Darul Fikri.

Fitriningsih. Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Musawa, 2016.

Ibn Majah. Sunan Ibn Majah. Beirut: Dar al-H, 1415 H.

Ibnu Hajar. Fath al-Bari. Beirut: Dar Ma’rifah, 1389 H.

Harmika. Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di MTs Mursyidul Awwam Cenrana. Makassar, 2014.

Hartini, N. Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Ta'lim, 2011.

Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85–103.

Masduki, Asyhari. Memahami Kaidah-Kaidah Agama (Penjelasan Kitab al-Arbain an-Nawawiyyah). Kediri: PC LDNU Kediri. 2020.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Perdana Media. 2006.

Muslim. Sahih Muslim. Beirut: Dar al-Fikr, 1993.

Muri’ah, Siti. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang:

Nawawi, An. Sahih Muslim bi Syarh an-Nawawi. Mesir: al-Mthba’at al-Mishriyyah,1924.

Nawawi as-Syafi’i, Muhammad. Buku Pintar Akidah. Surabaya: Mutiara Ilmu. 2108. Terj.

Priyadi, Agus. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Tawasuth Ahlusunnah Wal Jama’ah. Lampung: UIN Raden Intan. 2018.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2015.

Rustam, Q. (n.d.). Tribun. Retrieved Desember 13, 2017, from Media Massa dan Kids Zaman Now: http://www.tribunnews.com

Sastrapradja. Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya: Usaha Nasioal. 1981.

Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18–41.

Sitorus, M. (2011). Metodologi penelitian pendidikan Islam.

Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.

Suryadilaga, Living Hadis dalam Tradisi Sekaar Makam. Ar Risalah, 2013.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 1994.

Taqiyuddin, al-Hafiz. Syarh al Arbain an Nawawi. Beirut: Dar al Masyari’. 2012.

Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).

Yazid, Al Hafiz Abi Abdullah Muhammad Bin Sunan Ibn Majah. Beirut: Dar al Jil, (tt).

Yuslem, Nawir. Metodologi Penelitian Hadis. Bandung: Citapustaka Media Perintis.2008.

Yusmiati, Yusmiati, and Wahyudi Wahyudi. "PENGARUH SIKAP NASIONALISME TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PPKn MATERI PENERAPAN DEMOKRASI PANCASILA KELAS XI SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN." NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8.2 (2021): 413-417.

Yusmiati, Y., & Sari, S. (2021). PENERAPAN PROGRAM PENGAJARAN DAN PERENCANAAN TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR MENGAJAR BIDANG STUDI PKn MATERI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 296-305.

Yusmiati, Y., & Dewi, R. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBATERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn PADA MATERI DINAMIKA PERAN INDONESIA DALAM PERDAMAIAN DUNIA PESERTA DIDIK KELAS XI SMKN 1 SIBOLGA. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3155-3159.

Yusmiati, Y., & Insan, K. (2023). PENGARUH EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI KELAS XII IPS1 SMA NEGERI 1 BATAHAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(2), 923-926.

Dongoran, P. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Di SMA Negeri 1 Portibi. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(5), 1945-1949.

Dongoran, P., & Simamora, A. S. (2022). PENERAPAN IMPLIKASI MODEL PEMBELAJARAN THE CLASSICAL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOK KETENTUAN UUD NKRI TAHUN 1945 DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKOLA SELATAN. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3660-3663.

Baroroh, R., Sukriah, Y., & Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KESIAPAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH 14 SIABU TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(8), 2764-2767.

Nasution, A. H., Sukriah, Y., & Harahap, A. F. D. (2021). PENGARUH PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN CLASS ROOM DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM BIDANG STUDI PPKn PADA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SIPIROK TAHUN PELAJARAN 2020-2021. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 306-314.

Nst, A. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS DEEP DIALOGUE THINKING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PPKn PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2021-2022. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(8), 3166-3177.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.%25p

Article Metrics

Abstract view : 837 times
PDF - 210 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.