MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI DALAM PERSFEKTIF HADIS
Abstract
Membangun karakter memerlukan penanaman prinsip-prinsip penting pada orang muda melalui pendidikan dan bimbingan sehingga mereka dapat mempelajarinya, berinteraksi dengannya, dan pada akhirnya menjadikan mereka bagian dari diri mereka sendiri. Karena anak-anak pada usia ini adalah spons, proses perkembangan karakter sangat bermanfaat pada periode ini. Sebagai hasil dari perilaku beberapa anak yang lebih kecil, ungkapan "Kids Age Now" telah muncul. Itu benar; jelas tidak semua anak bertindak seperti itu. Pendidikan Islam atau pengamalan keyakinan agama dalam kehidupan sehari-hari dapat menjadi alternatif pendekatan pengembangan karakter yang dapat membantu masyarakat mengatasi bencana ini. Hadits adalah salah satu bidang Islam yang boleh diajarkan kepada orang lain. Memperkenalkan hadits kepada anak-anak sejak usia muda membantu mereka tumbuh menjadi orang dewasa yang berpengetahuan luas. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa substansi berbagai hadis membentuk kepribadian anak muda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Daud. Sunan Abu Daud. Beirut: Dar al- Fikr, 1994.
Afwadzi, B. Membangun Integrasi Ilmu-Ilmu Sosial dan Hadis Nabi. Jurnal Living Hadis, 2016.
Ahmad bin Hanbal, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal. Muassah ar-Risalah: cet. Ke-2,1999.
Al-Asqalani, Syihab ad-Din Ahmad ibn Ali ibn Hajar. Fath al-Bari. Kairo: Dar Mustafa al-Babi al-Halab, t.t.
Al-Bukhari. Sahih Al-Bukhari. Beirut: Daral-Kitab al-Ilmiyyah, 1992.
Ali, N. Kependidikan Islam dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Penelitian Agama, 2008.
An-Nasa’i. Sunan an-Nasa’i. Mesir: Syirkah Maktabah al-Babi al-Halabi, 1964.
At-Tirmidzi, S. (1988). Al-Jami’us shohih wahuwa Sunan at-Tirmidzi. Beirut: Darul Fikri.
Fitriningsih. Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Aqidah. Musawa, 2016.
Ibn Majah. Sunan Ibn Majah. Beirut: Dar al-H, 1415 H.
Ibnu Hajar. Fath al-Bari. Beirut: Dar Ma’rifah, 1389 H.
Harmika. Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter di MTs Mursyidul Awwam Cenrana. Makassar, 2014.
Hartini, N. Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam. Ta'lim, 2011.
Johansyah, J. (2017). Pendidikan Karakter Dalam Islam; Kajian dari Aspek Metodologis. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 85–103.
Masduki, Asyhari. Memahami Kaidah-Kaidah Agama (Penjelasan Kitab al-Arbain an-Nawawiyyah). Kediri: PC LDNU Kediri. 2020.
Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakir. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Perdana Media. 2006.
Muslim. Sahih Muslim. Beirut: Dar al-Fikr, 1993.
Muri’ah, Siti. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karir. Semarang:
Nawawi, An. Sahih Muslim bi Syarh an-Nawawi. Mesir: al-Mthba’at al-Mishriyyah,1924.
Nawawi as-Syafi’i, Muhammad. Buku Pintar Akidah. Surabaya: Mutiara Ilmu. 2108. Terj.
Priyadi, Agus. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Konsep Tawasuth Ahlusunnah Wal Jama’ah. Lampung: UIN Raden Intan. 2018.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia. 2015.
Rustam, Q. (n.d.). Tribun. Retrieved Desember 13, 2017, from Media Massa dan Kids Zaman Now: http://www.tribunnews.com
Sastrapradja. Kamus Istilah Pendidikan dan Umum. Surabaya: Usaha Nasioal. 1981.
Silahuddin, S. (2017). Urgensi Membangun Karakter Anak Sejak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 18–41.
Sitorus, M. (2011). Metodologi penelitian pendidikan Islam.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini.
Suryadilaga, Living Hadis dalam Tradisi Sekaar Makam. Ar Risalah, 2013.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 1994.
Taqiyuddin, al-Hafiz. Syarh al Arbain an Nawawi. Beirut: Dar al Masyari’. 2012.
Wiyani, N. A. (2012). Desain Manajemen Pendidikan Karakter di Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(1).
Yazid, Al Hafiz Abi Abdullah Muhammad Bin Sunan Ibn Majah. Beirut: Dar al Jil, (tt).
Yuslem, Nawir. Metodologi Penelitian Hadis. Bandung: Citapustaka Media Perintis.2008.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.%25p
Article Metrics
Abstract view : 253 timesPDF - 41 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.