ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN DI ERA DISRUPSI

Eva Zulvi Wityastuti, Farid Setiawan, Fakhri Hamzah Sunni, Friska Amalia Fahra

Abstract


Pendidikan karakter pada peserta didik mulai merosot dengan sangat drastis, ini disebabkan perkembangan zaman serta teknologi yang tidak dapat dibendung yang menghasilkan segala hal positive dan negative terus masuk pada diri peserta didik, kurangnya pedampingan dalam hal ini juga menjadi sebab peserta didik yang sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, maka apa yang mereka lihat dan terima ditiru begitu saja tanpa tau akibat buruk yang akan terjadi. Merosotnya nilai nilai pendidikan karakter membuat banyaknya pelajar pelajar bangsa indonesia ini kurang memiliki kesabaran dalam hal hal kecil, serta sikap menghargai terhadap sesama dan kepada yang lebih tua, dan sikap peduli terhadap sekitar. Studi ini tujuannya guna  analisa kebijakan pendidikan khususnya dalam penguatan pendidikan karakter untuk menghadapi tantangan di era disrupsi. Studi ini memakai metode analisis deskriptif kualitatif. Pendekatan yang dipakai ialah library research atau yang biasa disebut dengan metode kepustakaan. Data penelitian ini dikumpulkan melalaui jurnal jurnal lalu yang setelahnya kami analisis untuk menghasilkan data data yang akurat. Hasil studi ini memperlihatkan menurunnyaa nilai nilai moral pada peserta didik dikarenakan kurangnya pendidikan karakter yang diterapkan pada pendidik pendidik di sekolah.


Keywords


Peserta didik, Pendidikan, Karakter

Full Text:

PDF

References


Administrator. “Pendidikan Karakter, Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan Urgensinya.” SMK Widya Nusantara. Last modified 2019. Accessed May 18, 2020. https://smkwidyanusantara.sch.id/read/5/pendidikan-karakter-pengertian-fungsi-tujuan-dan-urgensinya.

Bashori, Khoiruddin. “Pendidikan Politik Di Era Disrupsi.” SUKMA: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2018): 288.

Irukawa, Elisa. “Pengertian Penguatan Pendidikan Karakter.” Deepublish. Last modified 2020. https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-penguatan-pendidikan-karakter/amp/.

Ismail, Suhana, Qiqi Yuliati Zakiah, Shalahudin. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah.” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial 2, no. 1 (2021): 80.

Kemendikbud. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, n.d.

Khamalah, Nur. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Madrasah.” Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (2017): 200–215.

Qamar, Syam Sawal danYanuar Ramadhan. “Implementasi Etika Bisnis Untuk Meningkatkan Profesionalisme Akunting.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan 4, no. 5 (2022): 1–9.

RI, Kemendikbud. Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru. Jakarta: Tim PPK Kemendikbud, 2017.

Sholeh, Rifqi Fauzan. “Macam-Macam Pendidikan Karakter Yang Penting Dipahami Oleh Setiap Orang.” RifqiFauzan. Last modified 2020. Accessed May 18, 2022. https://www.rifqifauzansholeh.com/2020/12/macam-macam-pendidikan-karakter-yang.html.

Sholekhah, Fitriatus. “Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental Di Era Disruptif.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 6, no. 1 (2019): 69–83.

SUpdate, Admin. “Dipaksa Setubuhi Kucing, Bocah Di Jabar Depresi Lalu Meninggal Akibat Bully.” Sukabumiupdate.com. Jawa Barat, 2022.

Suryadi, Bambang. “Pendidikan Karakter: Solusi Mengatasi Krisis Moral Bangsa.” NIZHAM 4, no. 2 (2015): 71–83.

Tri Atika, Husni Wakhyudin, Khusnul Fajriyah, Nur. “Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air.” Jurnal Mimbar Ilmu 24, no. 1 (2019): 106.

Zakaria. “Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Dasar Di Era Industri.” Jurnal Dirasah 4, no. 1 (2021): 10–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.186-196

Article Metrics

Abstract view : 753 times
PDF - 259 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.