MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MENURUT AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA`LIM MUTAALIM

Fadhilatul Muna Maulida

Abstract


Hasil belajar siswa di era milenial mengalami penurunan dalam pencapaian belajar. Diantaranya adalah kurangnya motivasi dalam diri siswa, dan masih banyak yang islami Pesantren di Indonesia menggunakan ta'lim muta'allim dalam pelajaran mereka untuk memotivasi mereka siswa. Jurnal ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan merangkum motivasi yang disampaikan oleh Imam . Zarnuji dalam Kitab ta`lim mutaalim yang cocok untuk era milenial. Itu metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kepustakaan. Data teknik dengan melakukan kajian terhadap buku, catatan,  jurnal, catatan yang mendukung satu sama lain. Sumber data dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu: a) Data primer dari kitab ta'lim muta 'allim karya Imam Al-Zarnuji b) Data sekunder bersifat pelengkap data yang dapat digunakan sebagai referensi dalam jurnal termasuk literatur yang relevan. Jurnal ini hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi masa lalu (Imam zarnuji) berguna untuk era milenial. 1) Dua puluh delapan motivasi intrinsik meliputi Niat, kesabaran, keikhlasan, dan tinggi aspirasi.2) tujuh insentif ekstrinsik harus mencari pengetahuan, menemukan guru dan kebaikan sahabat, dan menjauhi maksiat. Menyarankan penelitian lebih lanjut untuk mengukur apa persentase motivasi intrinsik dan ekstrinsik dapat meningkatkan prestasi dan semangat untuk belajar.


Keywords


Motivasi Belajar, Ta'lim Al-Muta'allim, Motivasi Ekstrinsik Dan Intrinsik

Full Text:

PDF

References


Afwadzi, Benny, dan Abdul Fattah. “Pemahaman Hadits Tarbawi Burhan al Islam al Zarnuji Dalam Kitab Ta‟lim al Muta‟allim.” Ulul Albab 17, no. 2 (1 Januari 2017): 197–217. https://doi.org/10.18860/ua.v17i2.3831.

Al-Zarnuji, Burhanul Islam. Ta`limul Muta`alim. Surabaya: Al-Hidayah, t.t. Andres, Hayward P. "Pengajaran aktif untuk mengelola kesulitan kursus dan motivasi belajar." Jurnal Pendidikan Lanjutan dan Perguruan Tinggi 43, no. 2 (7 Februari 2019): 220–35. https://doi.org/10.1080/0309877X.2017.1357073.

Arifin, Zainal. “Lingkungan Pendidikan Berperan Aktif Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Menurut Syaikh Al-Zarnuji, Dalam Kitab Ta‟limul Muta‟allim.” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan 7, no. 2 (2014): 32–40.

Astuti, Juni, Mona Novita, dan M. Syukri Ismail. “Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo.” Jurnal Edukasi: Jurnal Studi Pendidikan 5, no. 1 (1 Juli 2020): 16–28. https://doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630.

Barmawi, Muhammad. “Peranan Lingkungan terhadap Semangat Belajar di Khazanah Kitab Kuning.” Edukasia Islamika, 2 Maret 2017, 134–60. http://e- journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/edukasiaislamika/article/view/773.

Barni, Mahyudin. “Tantangan Pendidik Di Era Milenial.” Transformatif 3, no. 1 (24 April 2019): 99–116. https://doi.org/10.23971/tf.v3i1.1251.

Brandmiller, Cornelius, Hanna Dumont, dan Michael Becker. “Persepsi Guru tentang Motivasi Belajar dan Perilaku Kelas: Peran Karakteristik Siswa.” Psikologi Pendidikan Kontemporer, 11 Juni 2020, 101893. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2020.101893.

Chairi, Effendi. “Pengembangan Metode Bandongan Dalam Kajian Kitab Kuning Di Pesantren Attarbiyah Guluk-Guluk Dalam Perspektif Muhammad Abid al-Jabiri.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 4, no. 1 (15 Maret 2019): 70–89. https://doi.org/10.31538/ndh.v4i1.233.

Dell‟Olio, Dr. Jeanine M.M, dan Dr. Tony Donk. Model Pengajaran: Menghubungkan Pembelajaran Siswa dengan Standar. Thousand Oaks: SAGE Publications, 2007. http://public.eblib.com/choice/publicfullrecord.aspx?p=996882.

Dimyati, dan Mudjiono. belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

E Mulyasa. Manajemen Pendidikan Karakter. 5 edisi Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Hanur, Binti Su‟aidah, dan Titik Widayati. “Pembangunan Karakter Di Abad 12 Masehi: Kajian Dan Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta‟lim Muta‟Alim.” Jurnal Masa Kecil Pendidikan 2, tidak. 2 (1 November 2019): 176–92. https://doi.org/10.30736/jce.v2i1.37.

Hergenhahn, B.R, dan Matthew H Olson. Teori belajar = teori belajar. Diterjemahkan oleh Triwibowo. 6 edisi Jakarta: Prenada Media Grup, 2016.

Huang, Shih-Yuan, Yi-Han Kuo, dan Hsueh-Chih Chen. “Menerapkan Ruang Pelarian Digital Diresapi dengan Pengajaran Sains di Sekolah Dasar: Prestasi Belajar, Pembelajaran Motivasi, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.” Keterampilan Berpikir dan Kreativitas 37 (1 September 2020): 100681. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100681.

Isnaeni, Isnaeni. “Konseling Perilaku Berbasis Kitab Ta‟lim al-Muta‟allim Untuk peningkatan Motivasi Belajar Santri Di Pondok Pesantren Tafsir Hadis Shohihuddin 2, Prapen Surabaya, Jawa Timur.” Sarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019. http://digilib.uinsby.ac.id/30215/.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v7i2.154-167

Article Metrics

Abstract view : 2405 times
PDF - 428 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.