HADIS SEBAGAI SUMBER AJARAN MORAL STUDI TERHADAP PRINSIP-PRINSIP AKHLAK DALAM HADIS NABI

Idris Siregar

Abstract


Selain Alquran, hadis Nabi memiliki peranan penting sebagai sumber hukum kedua dalam Islam yang memberikan tafsir dan penjelasan terhadap Alquran. Hadis juga berfungsi sebagai pedoman dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam aspek moral dan akhlak, yang sesuai dengan misi Nabi Muhammad SAW untuk menyempurnakan akhlak umat manusia. Oleh karena itu, kehidupan manusia sudah ada tata cara dan aturan yang diajarkan melalui hadis Nabi, yang berfungsi sebagai petunjuk untuk berinteraksi dengan Allah, sesama manusia, serta alam sekitar dengan cara yang baik dan benar. Penanaman moral yang baik, yang dimulai sejak dini, sangat penting untuk membentuk karakter anak-anak sebagai generasi masa depan bangsa yang berkualitas. Pendidikan moral ini memiliki keterkaitan erat dengan kualitas peradaban suatu bangsa. Dalam hal ini, hadis Nabi menjadi sumber yang dapat dijadikan landasan untuk menanamkan nilai moral yang baik, guna membangun karakter yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menggali prinsip-prinsip moral dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang dapat diterapkan dalam pendidikan karakter, khususnya untuk anak-anak. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip moral yang terkandung dalam hadis, diharapkan dapat terbentuk generasi yang memiliki karakter mulia yang berguna bagi bangsa dan agama.


Keywords


Hadis, moral, prinsip-prinsip akhlak

Full Text:

PDF

References


Aiman Faiz, Purwati. “PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN MORAL DAN KARAKTER.” Education and Development 10, no. 2 (2022): 316.

Abu daud,sulaiman bin as’ats "sunan abu daud" (matba’atu anshoriayah 1423 H)

Ahmad bin hanbal "Musnad Ahmad" (mussatul risalah, 1431 H).

Ali, Afrizal Fahmi. “Etika Bermedia Sosial : Kajian Kontekstual Hadis Al-Muslimu Man Salima Al-Muslimuan Min Lisanihi Wa Yadihi.” Ejournal.Uinsgd.Ac.Id, 2023, 1–12.

Hasanah, Ainul. “URGENSI PENDIDIKAN MORAL DAN AKHLAK.” Kebudayaan Dan Ilmu Keislaman 8, no. 1 (2015): 25–47.

Hoirul Anam, Mochamad aris Yususf, siti saada. “Kedudukan Al-Quran Dan Hadis Sebagai Dasar Pendidikan Islam.” Pendidikan Islam 7, no. 2 (2022): 16.

Khairani, H. Alfian. “PRINSIP-PRINSIP PENDIDIKAN ISLAM.” Ilmiah Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2013): 2.

M.yadi. “Kedudukan Dan Fungsi Hadis Dalam Islam.” Adabiyah 11, no. 2 (2011): 244.

Maslani, agnes nuraeni muslim, anisa fitriany sholehah, deden sofwan ismail, Gunawan, sandi aditya nugraha, Usman. “HADIS SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN AKHLAK DAN PENDIDIKAN SOSIAL.” Ilmiah Pendidikan Dasar 9, no. 2 (2024): 2163.

Muhammad bin ismail” Shohih Bukhari" (mesir 1433 H)

Muhammad bin isa, Tirmidzi "sunan at-Tirmdzi" (alazhar, 1431 H)

“View of PENTINGNYA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN PENDIDIKAN MORAL DALAM MEMBINA KARAKTER ANAK SEKOLAH DASAR.Pdf,” n.d.

yuli ernawati, kasim yahiji, rahmin t. husain, ilyas daud. “Ulumul Hadis Dalam Konteks Pendidikan.” Pendidkan Agama Islam Dan Budi Pekerti 6, no. 1 (2024): 31.

Yulita, Rosi. “HADIS SEBAGAI SUMBER PENGEMBANGAN PENDIDIKAN.” Tarbiyah Al-Awlad 6, no. 2 (2016): 580.

Yusuf, Himyari. “URGENSI FILSAFAT DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT KONTEMPORER : Tinjauan Filsafat Islam Terhadap Fungsi Moral Dan Agama.” Theologia 27, no. 1 (2016): 51–72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v10i1.241-250

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.