IMPLEMENTASI STRATEGI SAINTIFIK LEARNING DALAM MENGUATKAN AKIDAH PESERTA DIDIK KELAS XII SMK TELADAN MEDAN HELVETIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki penerapan Strategi Pembelajaran Saintifik dalam memperkuat akidah peserta didik kelas XII di SMK Teladan Medan Helvetia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan, kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan yang dapat disimpulkan: 1) Perencanaan Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) telah mengintegrasikan komponen-komponen Strategi Pembelajaran Saintifik. Ini terlihat dalam tahap-tahap pembelajaran, termasuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. RPP berfungsi sebagai panduan untuk menerapkan strategi ini dalam pembelajaran akidah di kelas XII SMK Teladan Medan Helvetia. 2) Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: Meskipun ada upaya dalam menerapkan Strategi Pembelajaran Saintifik, implementasinya belum sepenuhnya optimal. Lima tahap proses pembelajaran saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan, belum sepenuhnya terealisasi dengan baik dalam pembelajaran akidah. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik: a) Faktor Pendukung: Penelitian mengidentifikasi beberapa faktor pendukung yang berkontribusi terhadap implementasi Strategi Pembelajaran Saintifik dalam memperkuat akidah peserta didik. Ini meliputi ketersediaan media pembelajaran dan sumber belajar yang membantu fasilitasi pembelajaran interaktif dan mendalam, serta antusiasme siswa terhadap pembelajaran berbasis Strategi Pembelajaran Saintifik. b) Faktor Penghambat: Beberapa faktor penghambat yang ditemukan melibatkan kesulitan guru dalam mempraktekkan strategi saintifik, dan keterbatasan waktu yang menghambat implementasi pendekatan ini secara menyeluruh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abuddin Nata, 2012. Manajemen Pendidikan, Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, cet.5. Jakarta: Kencana Prenada media Group.
E. Mulyasa. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Fahrul Usmi, Saintific Approach dalam Pembelajaran PAI, Kajian Tentang Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Diklat Guru Pertama Pendidikan Agama Islam SMP, bdkpadang.kemenag.go.id/index.php. diakses pada 26 September 2022, pukul 12.56 Wib.
Hendro Widodo, Revitalisasi Pendidikan Humanis Religius di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Bidayah, Volume 5, No.2, Desember 2013.
Lampiran IV. Permen Kemendikbud RI No. 81 A tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman umum Pembelajaran. Bahan Sosialisasi Implementasi Kurikukum 2013 oleh Sekjen Kemendibud di SMK Diponegoro Sleman Yogyakarta.
M. Fadlillah.2014. Implementasi Kurikulum 2013: dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Jakarta: Ar. Ruzz Media.
Moh. Agung Rokhimawan, Pembelajaran Sain di MI Membentuk Peserta Didik yang Humanistik Religius, Jurnal Al-Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 5 No.2, Desember 2013.
Moh. Agung Rokhimawan, Pembelajaran Sain di MI Membentuk Peserta Didik yang Humanistik Religius, Jurnal Al-Bidayah, Jurnal Pendidikan Dasar Islam Volume 5 No.2, Desember 2013.
Nanang Fattah, 2012. Sistem penjaminan mutu pendidikan. Bandung: PT. Remaja.
Numaningsih, 2011. Akidah Islam : Pilar Utama Manusia Beramal Ikhlas (Makassar: Alauddi University Press.
Ridwan Abdullah Sani.2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013.Jakarta: Bumi Aksara.
Riyanto, 2010. Paradigma baru pembelajaran (sebagai referensi bagi pendidik dalam implementasi pembelajaran yang efektif dan berkualitas). Jakarta: Kencana.
Sugiono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Strategi Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
UU Sikdiknas No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional,www. inherentdikti.net/files/sisdiknas.pdf diunduh pada Juma’t, 15 September 2022, pukul. 09.00
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Yudi Irfan Daniel. 2014. Akidah Islam. Bandung: Yayasan Do’a Para Wali.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.217-230
Article Metrics
Abstract view : 336 timesPDF - 140 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.