MAGHRIB MENGAJI: STUDI MAGHRIB MENGAJI ASYIQ KELURAHAN LADANG BAMBU MEDAN

Harmansyah Ramadhan, Lailatul hasanah, Mia Ananda Putri

Abstract


Sebagaimana diketahui bahwa mempelajari Al-Qur’an hukumnya adalah Fardhu’ain. Maka dari itu ada banyak sarana pendidikan yang menyajikan pendidikan Al-Qur’an baik itu formal maupun non-formal. Salah satu sarana pendidikan Al-Qur’an yang non-formal adalah maghrib mengaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mendasari terbentuknya maghrib mengaji, implementasi pembelajaran pada maghrib mengaji serta manfaatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles and huberman, berupa kegiatan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data serta memverifikasi data dan menarik kesimpulan. Setelah data diperoleh, peneliti mengadakan membercheck untuk menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mendasari terbentuknya maghrib mengaji Asyiq adalah  keinginan pribadi dari seorang guru mengaji atas dasar kesadaran untuk mengajarkan Al-Qur’an. Adapun dasar-dasar lainnya, berupa: 1) Hadis Nabi SAW; 2) Anak-anak yang masih buta akan huruf Hijaiyah; 3) dan adanya program dari pemerintah serta peraturan Walikota Medan No. 37 tahun 2018. Pembelajaran Al-Qur’an pada maghrib mengaji Asyiq dilakukan dengan metode Iqra’. Sedangkan pembelajaran tambahannya seperti keislaman dilakukan dengan cara memberikan pemahaman dan penjelasan materi yang dibarengi dengan praktek secara langsung. Adapun manfaat dari program maghrib mengaji Asyiq di kelurahan Ladang Bambu medan, yakni: 1) Tempat untuk belajar baca dan tulis Al-Qur’an; 2) Tempat untuk mengasah kemampuan anak-anak; 3) Tempat belajar tata krama dan etika; 4) Tempat belajar dasar-dasar agama.

Keywords


Pembelajaran Al-Qur’an; Maghrib Mengaji; Keislaman.

Full Text:

PDF

References


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. … : Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. http://ejournal.uicmbandung.ac.id/index.php/edusiana/article/view/5

Al-Bukhari, A. A. M. bin I. (1980). Shahih Bukhari. Al-Maktabah As-Salafiyah.

Ayatrohaedi, A., Dakung, S., Adonis, T., & Radiawan, H. (1989). Tata Krama Nasional. repositori.kemdikbud.go.id. https://repositori.kemdikbud.go.id/24383/1/Tata Krama Nasional.pdf

Hascan, M. A., & Hamami, T. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru PAI Kota Medan dalam Implementasi Kurikulum 2013. At-Tafkir, 14(1), 190–203. https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/at/article/view/2456

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. … : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985

Indra, D. (2016). Pelaksanaan Manajemen Program Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji Di Provinsi Sumatera Barat (Study Komparatif Di Tiga Daerah). Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 101–113. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/download/375/368

Julaeha, N. siti. (2018). Upaya Kepemerintahan Desa dalam Meningkatkan Budaya Magrib Mengaji. Aksioma Ad-Diniyah, 6(2), 232–259. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/JAD/article/view/305

Lubis, L. P., Azzahra, A., & Della, N. (2021). Magrib Mengaji Upaya Membangun Kebiasaan Membaca Alquran pada Anak di Kelurahan Tanjung Ibus Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Mitra Abdimas …, 1(2), 45–49. https://www.jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/MABDIMAS/article/view/163

Mafahir, M. (2018). Efektifitas Program Maghrib Mengaji Dalam Meningkatkan Kualitas Keberagamaan Masyarakat Di Bengkulu Selatan [repository.iainbengkulu.ac.id]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10940/

Mauludi, R. M., Rahminawati, N., & ... (2019). Pengelolaan Program Gerakan Maghrib Mengaji Di Masjid Baitul Ma’mur Kecamatan Bandung Kidul dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Santri. Prosiding Pendidikan …, 333–339. https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/18403

Muslim, A. al-H. M. bin al-H. bin M. (2000). Shahih Muslim. Dar As-Salam.

Putra, H. P. (2021). Implementasi Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji dalam Upaya Pembinaan Keagamaan di Desa Banjar Lopak Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi. EL-TARBAWI, 14(1), 47–66. https://journal.uii.ac.id/Tarbawi/article/view/19966

Rasyid, I. (2019). Konsep Pendidikan Ibnu Sina Tentang Tujuan Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Dan Guru. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 779–790. https://www.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/368

Safa’at, M. K., & Inayati, N. L. (2019). Efektivitas Metode Tikrar Dan Talqin Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Pada Program Unggulan Kelas Tahfidz Di SMP Islam Al Abidin Surakarta. Prosiding University Research …, 79–83. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/644

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D (7th ed.). Alfabeta.

Ulfa, M. (2021). Kendala Orang Tua dalam Mengajarkan Al-Quran pada Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Cot Keuranji [repository.ar-raniry.ac.id]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16621/

Ulfah, T. T., Assingkily, M. S., & Kamala, I. (2019). Implementasi Metode Iqro’dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. TA’DIBUNA: Jurnal …, 2(2), 59–69. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/tadibuna/article/view/7591




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i2.240-248

Article Metrics

Abstract view : 476 times
PDF - 337 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.