PENGARUH TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PESERTA DIDIK
Sari
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik pengendalian diri terhadap penurunan kecanduan game online siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pre-Test Post-Test Design, populasi 62 siswa kelas XI sebagai sampel penelitian yang diambil secara purposive sampling. Penggunaan teknik pengendalian diri ini menurunkan tingkat kecanduan game online dari 10 siswa dengan menunjukkan adanya peningkatan mean (mean) variabel kecanduan game online (Pre-Test) sebelum diberikan perlakuan sebesar 83,50 dengan standar deviasi sebesar 5,523 sedangkan rerata variabel kecanduan game online setelah diberikan perlakuan Post-Test sebesar 61,50 dengan standar deviasi sebesar 11.198. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS versi 25 statistik Wilxoson Non-Parametric Tests yang menunjukkan hasil Negatif Ranks dari kecanduan game online untuk Pre Test dan Post Test, nilai N 10a, Mean Rank 5,50 dan Sum Rank 55,00 menunjukkan penurunan kecanduan game online pada siswa.Berdasarkan hasil Uji Statistik diketahui bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,005. Karena nilainya 0,005 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik pengendalian diri terhadap penurunan adiksi game online pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Krian.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hakam, M. T., Levani, Y., & Utama, M. R. (2020). Hang tuah medical journal. 17, 102–115.
Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1), 65–70.
Ismi Zakiah & Ritanti. (2021). Kecanduan Game Online Pada Remaja Dan Penanganannya (Rianto R. Rerung (ed.)). Media Sains Indonesia. www.penerbit.medsan.co.id
Kristiyono, J. (2015). BUDAYA INTERNET : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENDUKUNG PENGGUNAAN MEDIA DI. 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30
Lee, A. (2020). Wuhan novel coronavirus ( COVID-19 ): why global control is challenging ? Public Health, 179, A1–A2. https://doi.org/10.1016/j.puhe.2020.02.001
Nija, Y. I. (2020). Bimbingan kelompok teknik self control efektif mengurangi kecanduan game online siswa SMA Sejahtera Surabaya. 4(2), 154–160. https://doi.org/10.26539/teraputik-42428
Reza, M., Adnyana, I. S., Ayu, I. G., & Windiani, T. (2016). Masalah Adiksi Game Online pada Anak. 43(4), 262–265.
Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. 3, 110–117.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Triwibowo, H., Keperawatan, P. S., Kebidanan, P. S., & Keperawatan, P. S. (2022). © 2022 Jurnal Keperawatan. 43–51.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2022.v7i2.201-208
Article Metrics
Sari view : 1189 timesPDF - 991 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:
Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.