Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk bagi (calon) penulis

RISTEKDIK (JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING)

Naskah artikel yang ditulis untuk Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) meliputi hasil telaah dan hasil penelitian di bidang pendidikan, bimbingan dan konseling (diutamakan hasil penelitian) yang belum pernah diterbitkan sebelumnya.

1. Naskah ditulis menggunakan bahasa indonesia dan disubmit online ke: http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik , jika anda mengalami kesulitan silahkan menghubungi kami di ristekdik@um-tapsel.ac.id atau 0852 9621 4333

2. Naskah diketik dengan format esai dalam 2 kolom, menggunakan huruf Times New Roman, ukuran 11 poin, dengan spasi 1,5 pada kertas A4 maksimal 20 halaman, rata kiri-kanan, soft-file naskah dalam format Microsoft Word maksimal versi 2007.

3. Judul: ditulis dengan huruf kapital pada tiap awal kata, ukuran 14 poin, rata tengah, maksimal 20 kata.

4. Nama penulis naskah artikel: dicantumkan tanpa gelar akademik, 11 poin, rata tengah.

5. Alamat korespondensi: berisi alamat email korespondensi, nama dan alamat afiliasi/ lembaga asal penulis,10 poin, rata tengah.

6. Abstrak: ditulis dalam Bahasa Inggris dan/ atau Bahasa Indonesia, abstrak ditulis dalam satu paragraph maksimal 250 kata. Abstrak berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian.

7. Kata kunci: berisi kata-kata kunci yang menggambarkan naskah artikel, maksimal 5 kata kunci.

8. Sistematika penulisan naskah artikel hasil penelitian:

  • Pendahuluan: berisi latar belakang, hasil kajian pustaka sebagai dasar rumusan masalah, hipotesis dan tujuan penelitian. Bagian ini disajikan tanpa judul bagian dan dipaparkan dalam bentuk paragraf.
  • Metode: bagian ini berisi tentang rancangan penelitian, subyek penelitian, instrumen, prosedur pengumpulan dan, dan analisis data.
  • Hasil: berisi temuan penelitian yang didapatkan dari data penelitian dan berkaitan dengan hipotesis.
  • Pembahasan: berisi diskusi hasil penelitian dan pembandingan dengan teori dan atau penelitian sejenis.
  • Simpulan: berisi jawaban atas hipotesis, tujuan penelitian, temuan penelitian serta saran terkait ide lebih lanjut dari penelitian. Bagian simpulan disajikan dalam bentuk paragraf.
  • Daftar rujukan: bagian ini hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk. Sumber rujukan sedapat mungkin merupakan pustaka-pustaka cetak maupun online terbitan 10 tahun terakhir. Rujukan berupa buku referensi, media massa cetak dan online, dokumen resmi, dan sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi) atau artikel-artikel dalam jurnal dan atau majalah ilmiah
  • Sistematika penulisan artikel hasil telaah: judul; nama penulis; alamat korespondensi; abstrak; kata kunci; pendahuluan (tanpa judul); bahasan utama (dapat dibagi ke dalam beberapa sub bagian); simpulan; daftar rujukan
  • Peringkat judul bagian dinyatakan dengan jenis huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian:

            PERINGKAT I (HURUF KAPITAL SEMUA, TEBAL, RATA KIRI)

            Peringkat 2 (Huruf Besar di Awal Kata, Tebal, Rata Kiri)

            Peringkat 3 (Huruf Besar di Awal Kata, Tebal-Miring, Rata Kiri)

11.Tabel: penulisan tabel harus diberi identitas berupa nomor dan judul yang ditempatkan diatas tabel, ditulis tebal, ukuran huruf 11 poin, rata kiri. Posisi tabel diletakkan rata kiri-kanan, huruf pertama pada setiap kata di judul tabel ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata sambung. Data dalam tabel ditulis dengan spasi tunggal, ukuran huruf 10 poin. Tabel hanya menggunakan garis horisontal. Penulisan tabel harus disebutkan dalam paragraf

12.Gambar: penyajian gambar harus menggunakan resolusi memaadi dan diberi identitas berupa nomor dan judul yang ditempatkan diatas tabel, ditulis tebal, ukuran huruf 11 poin, rata kiri. Penyajian gambar harus disebutkan dalam paragraph

13.Penulisan kutipan dan daftar rujukan ditulis menggunakan gaya American Psychological Association (APA) edisi ke enam, diurutkan secara alfabetis dan kronologis.

14.Segala sesuatu yang menyangkut perizinan pengutipan atau penggunaan software komputer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.

15. Dewan redaksi berhak menolak naskah berdasarkan masukan dari Mitra Bebestari dan membuat perubahan yang diperlukan atau penyesuaian terkait dengan penulisan tanpa mengubah substansi. Editing substansi akan dikonsultasikan dengan penulis terlebih dahulu.

16. Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) tidak dipungut biaya apapun. Biaya pemrosesan artikel dan biaya publikasi ditanggung penerbit Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling).

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

 

Biaya Penulis

Jurnal ini menarik biaya dari biaya penulis berikut ini.

Penyerahan artikel: 0,00 (IDR)

Penulis tidak diharuskan membayar Biaya Penyerahan Naskah sebagai bagian dari proses pengiriman untuk berkontribusi dalam meninjau biaya

Jika Anda tidak mempunyai dana untuk membayar biaya penerbitan, kami akan membebaskan Anda dari biaya apapun. Kami tidak ingin biaya menghambat penerbitan karya yang berharga.