Peran Bimbingan Konseling Berbasis Tiga Pilar (Guru, Orang Tua, dan Lingkungan Masyarakat) dalam Pembentukan Akhlakhul Karimah Siswa di MA Nurul Huda Kabupaten OKU Timur

AYU LUSIYANA, FATKHUR ROHMAN, SAIFUR ROHIM

Sari


Keberhasilan layanan bimbingan konseling tidak hanya sepenuhnya diserahkan kepada guru pembimbing/konselor sekolah, melainkan kerjasama untuk setiap elemen pendidikan yaitu: lingkungan sekolah (guru), lingkungan keluarga (orang tua), dan lingkungan masyarakat.

Lingkungan sekolah merupakan pusat dalam layanan konseling siswa, setiap personil dalam lingkungan sekolah memiliki peranan yang sama penting, karena dalam keterlaksanaan layanan konseling di sekolah merupakan satu kesatuan kerjasama antara anggota-anggotanya. Personil lingkungan sekolah dalam layanan bimbingan konseling terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas guru BK, guru BK, wali kelas, guru mata pelajaran, staf administrasi sekolah, dan siswa sebagai objek layanan.

 

Kata kunci :  Bimbingan Konseling (Guru, Orang Tua, Lingkungan Masyarakat), Pembentukan Ahlakul Karimah


Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.69-77

Article Metrics

Sari view : 2216 times
PDF - 2783 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.