STRATEGI PENGAWAS SEKOLAH DALAM MEMBANTU GURU MENGATASI KESULITAN BELAJAR GEOGRAFI DI SMA SWASTA KESUMA INDAH T.P. 2017/2018

MAHDALENA MAHDALENA

Sari


Dalam proses pembelajaran ada kalanya siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan-kesulitan belajar tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan penelitian tindakan dan menerapkan strategi yang tepat.

Kesulitan belajar yang dilami siswa pada mata pelajaran Geografi di Kelas XI SMA Swasta Kesuma Indah di antaranya proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik, siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Strategi yang dilakukan di antaranya melakukan identifikasi kasus kesulitan belajar, menandai siswa yang mengalami kesulitan belajar, mealakukan lokalisasi jenis dan sifat kesulitan, berusaha menemukan faktor penyebab kesulitan belajar yang dihadapi siswa, meneliti hasil ulangan dan membandingkannya dengan nilai rata-rata kelas, melakukan obsservasi terhadap prilaku belajar siswa, merencanakan alternatif penyembuhan dan melaksanakan penyembuhan. Masalah-masalah yang  yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa adalah masalah yang berasal dari dalam diri siswa, seperti siswa sulit diatur dan masalah dari luar diri siswa kurangnya peran aktif orangtua.  Upaya yang dilakukan untuk menanggulangi masalah tersebut adalah melakukan pendekatan individual, memberikan remedial kepada siswa, berusaha memanfaatkan fasilitas yang ada secara optimal, dan menjalin komunikasi dengan orangtua untuk membantu mengatasi kesulitan belajar siswa.

 

 

Kata Kunci: Strategi, Pengawas Sekolah, Guru, Kesulitan Belajar, Siswa

Teks Lengkap:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.29-33

Article Metrics

Sari view : 746 times
PDF - 776 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.