PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA

Nur Syahadani Putri

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional siswa. Motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional merupakan faktor yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar Geografi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan motivasi berprestasi, (2) mendeskripsikan kecerdasan emosional, (3) mendeskripsikan hasil belajar mahasiswa Geografi, (4) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa Geografi, (5) mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap hasil belajar mahasiswa Geografi. Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa geografi, (6) pengaruh motivasi berprestasi dan kecerdasan emosional secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa geografi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Nan Sabaris Pauh Kamba Pariaman kelas XI tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 136 orang, sampel sebanyak 102 orang, yang dipilih dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala motivasi berprestasi dan skala kecerdasan emosional. Dianalisa dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi berprestasi siswa secara umum berada pada kategori sedang, (2) kecerdasan emosional siswa secara umum berada pada kategori rendah, (3) hasil belajar geografi siswa pada kategori rendah, (4) kecerdasan emosional siswa secara umum berada pada kategori rendah, (3) hasil belajar geografi siswa pada kategori rendah, (4) ) terdapat pengaruh motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa geografi, (5) ada pengaruh kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa geografi, (6) ada pengaruh antara motivasi berprestasi, kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa geografi. Implikasi dari hasil penelitian dijadikan sebagai bahan masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan motivasi berprestasi, kecerdasan emosional dan hasil belajar geografi siswa


Kata Kunci


Motivasi Berprestasi; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Mahasiswa Geografi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, A. 2009. Psikologi Umum. Jakarta:RinekaCipta.

Daud, F. 2012. ”Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran”, 19 (2).

Gellerman, W. S. 1961. Motivasi dan Produktivitas.Terjemahan oleh Soepomo S. Wardoyo. 1984. Jakarta: Djaya Pirusa.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence: Why it Can Matter More Than IQ. United State of America: Bantam Book.

Goleman, D. 1999. Working with Emotional Intelligence: Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi.Terjemahan Alex Tri KantjoWidodo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

McClelland, D. C. 1987. Human Motivation. Glenview, IL: Scott Foresman..

Slameto. 2010. BelajardanFaktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.125-134

Article Metrics

Sari view : 1592 times
PDF - 568 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.