PROFIL PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK (Studi terhadap Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2017 STKIP PGRI Sumatera Barat)

Fengki Fahdi, Rici Kardo, Septya Suarja

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya siswa yang masih ragu dengan kegiatan apa yang sedang dalam tahap pembentukan dan sulitnya menentukan topik dan materi yang akan dibahas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pemahaman siswa pada tahap pembentukan, 2) Pemahaman siswa pada tahap intermediate, 3) Pemahaman siswa pada tahap aktivitas, 4) Pemahaman siswa pada tahap kesimpulan, 5 ) Pemahaman siswa pada tahap penutup. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Sampel penelitian adalah 66 siswa. Itu dipilih secara total sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan persentase. Temuan penelitian ini adalah: 1) pemahaman siswa pada tahap pembentukan berada pada kategori sesuai, 2) pemahaman siswa pada tahap menengah berada pada kategori sesuai, 3) pemahaman siswa pada tahap kegiatan berada pada kategori cukup sesuai, 4) pemahaman siswa pada tahap penarikan kesimpulan berada pada kategori cukup sesuai, 5) pemahaman siswa pada tahap terminasi berada pada kategori sesuai

Kata Kunci


Pelaksanaan Bimbingan Kelompok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Erlangga, E. (2018). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa, 4, 149–156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332

Juntika. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif dari Pradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2).

Kardo, R. (2015). Bimbingan Kelompok Sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Pelangi, 7(1).

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Suryani, L. (2017). Upaya Meningkatkan Sopan Santun Berbicara dengan Teman Sebaya Melalui Bimbingan Kelompok. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(1), 112–124.

Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i2.178-187

Article Metrics

Sari view : 587 times
PDF - 700 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.