PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP EFIKASI DIRI DAN ADVERSITY QUOTIENT REMAJA

Novia Fetri Aliza, Lia Oktafiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kecerdasan emosi terhadap efikasi diri dan adversity quotient remaja. Desain penelitian ini menggunakan rancangan causal relationship study. Subjek dalam penelitian ini merupakan remaja yang duduk di bangku SMP yang berjumlah 60 subjek. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan skala skala kecerdasan emosi, skala efikasi diri dan skala adversity quotient yang telah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitasnya terlebih dahulu. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosi memiliki kontribusi terhadap perkembangan efikasi diri dan adversity quotient  remaja dengan melihat nilai R square menunjukkan angka sebesar 0,636 yang artinya sebesar 63,6% kecerdasan emosi memberikan pengaruh terhadap perkembangan efikasi diri dan adversity quotien remaja sedangkan 36,6 % lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci


Kecerdasan Emosi; Efikasi Diri; Adversity Quotient; Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aliza, N. (2015). Pengaruh Terapi Psikospiritual Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Remaja. Empathy, 3(2), 241594.

Aryono, S. Y., Machmuroch, & Karyanta, N. A. (2017). Hubungan antara Adversity Quotient dan Kematangan Emosi dengan Toleransi terhadap Stres pada Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Sebelas Maret. Jurnal Wacana, 9(18), 12–27. http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/index.php/wacana/article/view/108

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1. https://doi.org/10.29210/02017182

Hanifa, Y. (2017). Hubungan antara emotional quotient dan adversity quotient dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada siswa SMK. Psikoborneo, 5(1), 43–55.

Hulu, T., & Minauli, I. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Efikasi Diri Dengan Prestasi Belajar. Psikologi, 5(2), 50–56. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/785

Kusumawati, E. D. (2018). Pengaruh Adversity Quotient, Regulasi Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kko Smp Negeri 13 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(1), 131–165. https://doi.org/10.14421/jpai.2017.141-08

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.382

Nuraini, Q. (2018). Diri Terhadap Stres Akademik Siswa Full Day.

Pramana, R. D., Wayan, N., & Puspitadewi, S. (2014). Hubungan antara Kecerdasan Emosi dan Tingkat Depresi dengan Ide Bunuh Diri. Character, 02, 1–6.

Prasetyo, Y. (2016). Efikasi Diri, Kematangan Emosi dan Problem Focus Coping. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 5(02), 181–186. https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.736

Putra, M. R. G., Hidayati, N. O., & Nurhidayah, I. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Adversity Quotient Warga Binaan Remaja Di Lpka Kelas Ii Sukamiskin Bandung. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 2(1), 52. https://doi.org/10.17509/jpki.v2i1.2853

Riyadi, I. (2015). Integrasi Nilai-Nilai Kecerdasan Emosional Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sma: Perspektif Daniel Goleman. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 141. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.376.141-163

Saidah, S., & Lailatuzzahro, Al-Akhda, A. (2014). Hubungan self-efficacy dan adversity quotient (AQ). Jurnal Psikologi, 2(2), 54–61.

Wibowo, M. W., Psikologi, P. S., & Malang, U. G. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi , Adversity Quotient Dan Efikasi Diri Pada Siswa Kelas Xii Madrasah Aliyah Negeri 1 Magelang 10(2), 186–200.

Wigati, T. W. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kompetensi Profesional Dengan Efikasi Diri Guru Smp Di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, Vol. 3. No(1), 99–109.

Wulandari, D., Yulianeu, & Mukeri Warso, M. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Stres Kerja Melalui Efikasi Diri (Studi Kasus Pada Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang). Journal of Management, 3(3). jurnal.unpand.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.87-95

Article Metrics

Sari view : 2851 times
PDF - 1790 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.