PENGARUH LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN KONSELING RATIONAL EMOTIF BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI INFERIORITY SISWA-SISWI DI SMA NEGERI 10 MEDAN

Syari Hidayati, Alfin Siregar, Ali Daud Hasibuan

Sari


Tujuan penelitian ini agar melihat pengaruh layanan konseling individu dengan pendekatan konseling rational emotif behavior therapy (REBT) untuk mengurangi inferiority siswa-siswi di SMA Negeri 10 Medan. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yakni quasi eksperiment, metode yang digunakan yaitu Non-equivalent Control Group. Populasi tersebut merupakan keseluruhan siswa kelas XI di SMA Negeri 10 Medan yalng berjumlah 120 siswa, sampel yang diperoleh berjumlah 10 siswa, 5 siswa sebagai kelas eksperimen dan 5 siswa sebagai kelas kontrol yang memiliki inferiority yang tinggi. Sampel yang digunakan yaitu sampel non-probability sampling tepatnya teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan skala inferiority. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Uji-t dengan bantuan SPSS versi 25, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Output pair 1 diketahui mempunyai nilai thitung sebesar 17,971 dengan nilai Sig 0,000 (2-tailed) < 0,005. Sedangkan output pair 2 diketahui mempunyai nilai Sig sebesar 18,956 dan nilai sig 0,000. Nilai sig 0,000 < 0,005, maka berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan kelas eksperimen menggunakan layanan konseling individual dengan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh untuk mengurangi inferiority siswa-siswi di SMA Negeri 10 Medan

Kata Kunci


Inferiority; Konseling Individu; REBT.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adler, A. (2010). Study of organ inferiority and its psychical compensation: A contribution to clinical medicine. Nabu Press.

Andriati, A. A. (2023). Minat Belajar Anak Slow Learner. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Erisma, K., Suryati, & Jannati, Z. (2023). Konseling Individu Dengan Teknik (Rebt) Dalam Mengatasi Kecemasan Berkomunikasi Umum Pada Remaja. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni (JISHS), 01(3), 526–528.

Fakhriyani, D. V., Sa’idah, I., & Annajih, M. Z. (2021). Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 56–70.

Faziah, N. (2018). Rational Emotive Behaviour Therapy (REBT) Dalam Menangani Kecemasan Penderita Ekstrapiramidal Sindrom Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Transformatif, 2(1), 55.

Fitri, S. E., & Pasilaputra, D. (2024). Upaya Meningkatkan Feeling of Inferiority Melalui Konseling Individual Dipanti Asuhan Mandeh Kanduang. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 4(Februari), 77–85.

Handayani, T. S. (2018). Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Efeknya Terhadap Frekuensi Inisiasi Konsumsi Rokok Pada Remaja Laki-Laki Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Indonesia, 8(03), 462–467. https://doi.org/10.33221/jiiki.v8i03.129

Indra Praekanata, W., Komang Sri Yuliastini, N., Florina Laurence Zagoto, S., & Gede Ratnaya, I. (2023). Kajian Kesehatan Mental pada Anak-Anak Yatim Piatu. Jurnal Pelita PAUD, 8(1), 257–263. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v8i1.3646

Istanti, S. R., & Yuniardi, M. (2018). Inferiority Dan Perilaku Bullying Dimediasi Oleh Dorongan Agresi Pada Remaja Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 208.

Latifun. (2004). Psikologi Eksperimen. Universitas Muhammadiyah Malang.

Latipun. (2011). Psikologi Konseling. UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Naisaban, L. (2004). Para Psikolog Terkemuka Dunia: riwayat hidup, pokok pikiran, dan karya. Grasindo.

Permatasari, F., Hidayati, R. N., Apriani, I. D., & Zulkifli, M. (2017). 2375-6194-2-Pb. 6(2).

Putri, D. A. (2019). Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Guidelines To. Journal of School Counseling, 83.

Putri, K. D. (2018a). Hubungan antara inferiority feelings dengan agresivitas pada remaja. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Putri, K. D. (2018b). Hubungan Antara Inferiority Feelings Dengan Agresivitas Pada Remaja. Skripsi Di Fak. Psikologi Dan Kesehatan, 98.

Seplyana, D. (2019). Implementasi Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Membantu Mengatasi Kebiasaan Terlambat Siswa SMA Negeri6 Model Lubuklinggau. El-Ghiroh, XVII(2), 45.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Ulfah, M. F. (2022). Pendekatan Rebt (Rational Emotive Behaviour Therapy) Untuk Mengatasi Korban Kecemasan Bencana Alam. MUHAFADZAH:Jurnal Ilmiah BImbingan Dan Konseling, 2(2), 77.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2025.v10i2.154-169

Article Metrics

Sari view : 176 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.