STUDI KASUS KARAKTERISTIK KEMATANGAN SOSIAL PADA ANAK CEREBRAL PALSY DITINJAU DARI VSMS (VINELAND SOCIAL MATURITY SCALE)

Cyntia Marcelyna

Sari


Kematangan sosial membantu individu untuk dapat berperilaku sesuai dengan tuntutan sosial dan memenuhi tugas-tugas perkembangan sesuai dengan usianya. Anak dengan cerebral palsy memiliki kondisi dan kemampuan yang berbeda dari anak-anak seusianya. Hal tersebut membuat anak tersebut tidak mampu memenuhi aspek kematangan sosialnya. Ketidakmatangan sosial tersebut akan membuat anak cerebral palsy mengalami berbagai masalah terkait kehidupan pribadi dan juga sosialnya. Permasalahan tersebut menunjukkan pentingnya mengetahui kondisi dan kemampuan kematangan sosial pada anak cerebral palsy. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Vineland Social Maturity Scale (VSMS). VSMS juga penting dilakukan pada anak cerebral palsy karena dapat dijadikan sebagai pengganti pemeriksaan kemampuan psikomotorik, terutama terkait pemeliharaan diri yang umumnya juga menjadi masalah pada anak dengan cerebral palsy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik kematangan sosial pada anak cerebral palsy yang ditinjau dari VSMS. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan satu partisipan yang mengalami cerebral palsy tipe ataxia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan memiliki kematangan sosial yang berada di bawah usia kronologisnya. Aspek-aspek kematangan sosial yang kurang baik pada partisipan yaitu sosialisasi (S) dan pergerakan (L). Bahkan aspek mengarahkan diri (SD) pada partisipan belum muncul.

 


Kata Kunci


kematangan sosial; cerebral palsy; ataxia; VSMS

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anastasi, Anne. (1976). Psychological Testing edition 4th. New York: Macmillan Publishing Co.Inc.

Darby, Michele. (2011). Mosby’s Comprehensive Review of Dental Hygiene 7th Edition. Norfolk, VA: Old Dominion University.

Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Doll, Edgar A. (1953). The Measurement of Social Competence: A Manual for The Vineland Social Maturity Scale. USA: Educational Publishers Inc.

Doll, Edgar A. (1965). Vineland Social Maturity Scale: Condensed Manual of Direction. New Jersey: American Guidance Service.

Hosokawa, Toru; Kitahara, Tadashi; and Nakamura, Ryuichi. (1985). Social Skills of Children with Cerebral Palsy. Journal Human Ergol, 14, 79-88. Diunduh dari: https://www.jstage.jst.go.jp/article/jhe1972/14/2/14_2_79/_pdf

Hurlock, Elizabeth B. (1990). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi 5, Dalam Istiwidayanti dan Soejarwo. Jakarta: Erlangga.

Hurlock, Elizabeth B. (1997). Perkembangan Anak Jilid 1 Edisi ke-6. Jakarta: Erlangga.

Lawrence, A.S. Arul and Jesudoss, Rev. Dr. I. (2011). Relationship Between Social Maturity and Academic Achievement of Higher Secondary School Students. International Journal of Educational Administration, 3(3), 243-250. Diunduh dari: https://www.researchgate.net/publication/235771552_Relationship_between_Social_Maturity_and_Academic_Achievement_of_Higher_Secondary_School_Students

Madhuri, Hooda and Choudhary, Poonam. (2016). Social Maturity of Adolescents in Relation to Their Home Environment. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 5(5), 37-42. Diunduh dari: https://www.researchgate.net/ publication/327282270_Social_Maturity_of_Adolescents_in_relation_to_their_Home_Environment

Nagra, Vipinder and Kaur, Maninder. (2013). Social Maturity Among Student Teachers. International Journal of Education and Psychological Research, 2(1), 10-16. Diunduh dari: http://ijepr.org/panels/admin/papers/ij2%20(1).pdf

Strain, Philip S. (1983).Identification of Social Skill Curriculum Targets for Severely Handicapped Children in Mainstream Preschools. Applied Research in Mental Retardation, 4(4), 369-382. Doi: 10.1016/0270-3092(83)90036-X

O’Shea, Thomas M. (2008). Diagnosis, Treatment, and Prevention of Cerebral Palsy. Clinical Obstetrics and Gynecology, 51(4), 816-828. Doi: 10.1097/grf.0b013e3181870ba7

Roopesh, Bangalore N. (2019). Vineland Social Maturity Scale: An Update on Administration and Scoring. Indian Journal of Clinical Psychology, 46(2), 91-102. Diunduh dari: https://www.researchgate.net/publication/338853793_Vineland_ Social_Maturity_Scale_An_Update_on_Administration_and_Scoring

Rutter, Michael; Graham, Philip; and Yule, William. (1970). A Neuro-psychiatric Study in Childhood. Clinic in Developmental Medicine, 46(248), 577. London: Spastics International Medical Publications (Mac Keith Press).

Salim, Abdul. (2007). Pediatri: Dalam Pendidikan Luar Biasa. Jakarta: Depdiknas Dirjen PTDir. Ketenagaan RI.

Suharso, Darto. (2006). Cerebral Palsy Diagnosa dan Tatalaksana. Surabaya: OpenUrica Creative Multimedia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2020.v5i2.146-154

Article Metrics

Sari view : 6018 times
PDF - 4208 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.