PENGARUH KEPRIBADIAN DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA MATERI GAJI DAN UPAH KARYAWAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SIBABANGUN TAHUN PELAJARAN 2015-2016

Uli Anto Hutagalung

Sari


Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kepribadian dan kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada materi gaji dan upah karyawan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 sibabangun tahun pelajaran 2015-2016 ?

Sedangkan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan membahas kepribadian dan kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada materi gaji dan upah karyawan peserta didik kelas XI IPS SMA negeri 1 sibabangun tahun pelajaran 2015-2016 ?

Dalam penelitian penulis menggunakan metode penelitian secara asosiatif yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepribadian dan kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada materi gaji dan upah karyawan peserta didik dalam bidang studi ekonomi ?. Adapun rumus yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah rumus korelasi ganda dibantu dengan “r” product moment       

Berdasarkan analisis diatas maka diperoleh nilai  r hitung   yaitu 0,722 dengan melihat data rtabel  dengan jumlah sampel 40 sebesar 0,312. Berdasarkan ketentuan tersebut maka dapat dilihat bahwa r hitung  lebih besar dari rtabel yaitu 0,722 ≥ 0,312 maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima, artinya ada pengaruh kepribadian dan kedisiplinan guru terhadap prestasi belajar akuntansi pada materi gaji dan upah karyawan peserta didik kelas XI IPS SMA negeri 1 sibabangun tahun pelajaran 2015-2016


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 671 times
PDF - 500 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.