LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REBT SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE REMAJA

Marfuatun Marfuatun, Sony Robyanto, Fitri Aulia

Sari


Kecanduan game online dapat dikenali dari sejauh mana seseorang bermain game online secara berlebihan yang dapat berdampak negatif pada pemain tersebut. Kecanduan bermain game online dapat memiliki konsekuensi negatif pada berbagai aspek, termasuk dimensi sosial, psikologis, dan fisik, remaja yang terjerat dalam kecanduan game online mungkin mengalami penurunan interaksi sosial dengan keluarga dan teman-teman, serta menghadapi masalah dalam kehidupan nyata, seperti kecenderungan untuk menghabiskan banyak waktu dalam permainan dan kesulitan dalam mengendalikan waktu mereka. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1. mengukur efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalam mengurangi kecanduan bermain game online; 2. mempelajari perilaku remaja di dusun segeleng yang memiliki kecanduan bermain game online. Jenis penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan Quasi-Experimental. Desain penelitian ini mengadopsi rancangan One Group Pre-test and Post-Test. Hasil penelitian Rata-rata skor perilaku remaja yang kecanduan bermain game online sebelum mengikuti layanan konseling kelompok (hasil pretest) adalah 50.6000, dan setelah mengikuti layanan tersebut, skor rata-rata berkurang menjadi 35.6000. Hasil signifikansi (2-tailed) adalah 0,001, lebih kecil dari tingkat signifikansi yang ditetapkan sebesar 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku remaja yang kecanduan bermain game online mengalami penurunan setelah menerima layanan konseling kelompok. Dengan demikian, hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok untuk mengurangi perilaku kecanduan bermain game online pada remaja di Dusun Segeleng efektif

Kata Kunci


Konseling Kelompok, REBT, Game Online

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arsini, Y., Yani, R., & Nazwa, S. (2023). Pengaruh Game Online Terhadap Perilaku Sosial Pada Siswa. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 2(3), 190-199.

Barseli, M., & Sriwahyuningsih, V. (2023). Game online mobile legends sebagai pemicu turunnya motivasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 164-169, doi https://doi.org/10.29210/1202322743

Devitasari, C. R., Mahmudi, I., & Kadafi, A. (2022). Konseling kelompok behavior teknik time out untuk merubah perilaku bullying. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 6(1), 72-79.

Fazillah, P., Fadhli, T., & Fitri, M. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 2(1), 14-21

Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102-113.

Hapiyansyah, M. (2023). Dampak Negatif Permainan Game Online Terhadap Remaja. Prosiding Sains dan Teknologi, 2(1), 103-108.

Hadisaputra, H., Nur, A. A., & Sulfiana, S. (2022). Fenomena Kecanduan Game Online Di Kalangan Remaja Pedesaan (Studi Kasus Dua Desa Di Sulawesi Selatan). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(02), 391-402.

Marfuatun, M. (2022). Upaya Peningkatan Pemahaman Bullying Pada Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Siswa Kelas X Smk. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 6(2), 85-93.

Mukhlis, M. M. (2022). Rancangan Model Konseling Kelompok Tazkiyatun Nafsi dalam Peningkatan Self-Esteem Siswa Korban Bullying. Eksistensi, 4(1), 1-12

Niswah, Z., Naqiya, C., Dewi, S. P. R., & Kibtyah, M. (2023). Dampak Kecanduan Game Online Terhadap Kesehatan Mental Remaja Dan Penanganannya Dalam Konseling Islam. Counseling AS SYAMIL: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 25-38.

Rahman, I. A., Ariani, D., & Ulfa, N. (2022). Tingkat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Mutiara Ners, 5(2), 85-90.

Sadif, R. S., & Rasmi, R. (2023). Dampak Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 6122-6128.

Setyowati, A., Suardiman, S. P., & Lestari, N. T. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Self Management Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online (Pada Siswa Kelas VIII) di SMP Negeri 1 Pundong. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 15-22.

Soreh, F., Mambu, M., Ginting, C., Sahabat, E., Pontoh, I., Dongkilat, M., ... & Wantah, M. E. (2023). Penerapan Pendekatan Rebt (Rational Emotif Behavior Therapy) Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Di SMK Negeri 1 Tomohon Melalui Konseling Individu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1540-1544.

Sundari, S., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). Upaya Mengurangi Kecanduan Game online Melalui Pendekatan Client Centered Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Sirah Pulau Padang. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 350-358.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2024.v9i1.98-104

Article Metrics

Sari view : 750 times
PDF - 840 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling)
ISSN 2541-206X (online), ISSN 2548-4311 (print)
Email: ristekdik@um-tapsel.ac.id

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) is indexed by:

pkpp.png

Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.