PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL POLA MELALUI BERMAIN TEPOGAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal pola pada anak usia 3–4 tahun melalui permainan Tepogar (tepuk pola bergambar). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 3–4 tahun di PPI Kenanga Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pola dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata hasil mencapai 68,67%; meningkat menjadi 86,67% pada siklus II. Ketuntasan klasikal juga naik dari 75% menjadi 96%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Tepogar dapat meningkatkan kemampuan mengenal pola anak usia dini secara signifikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arsani. (2022, juli). Teori Perkembangan Kognitif Anak Menurut Vygotsky & Contoh Praktik. Diakses dari https://tirto.id/teori-perkembangan-kognitif-anak-menurut-vygotsky-contoh-praktik-gtyp
Fauziddin, M. (2018). Pemanfaatan permainan tepuk dalam mengembangkan aspek fisik motorik pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 1370–1377. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i3.196
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52–64. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6985
Haryaningrum, V., Reza, M., Setyowati, S., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan media buku cerita bergambar digital berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan kecerdasan moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(1), 218–235. Diakses dari https://id.scribd.com/document/738163996/1-Jurnal-Pendidikan-Indonesia
Khaerunnisa, K., & Bahaking Rama. (2022). Landasan Teori Strategi Pembelajaran (Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme dan Humanisme). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 6(2). https://doi.org/10.47312/majim.v6i2.2491
Muhajirah. (2020). Dasar-dasar Teori Belajar: Behaviorisme,Kognitivisme,Konstruktivisme, dan Humanisme.
International Journal of Asian Education, 1(1).https://doi.org/10.46966/ijae.v1i1.23
Muhammad Dhori. (2021). Teori Psikologi Belajar (Behavioristik, Konstruktivistik, Humanistik) dalam Pembelajaran IPA: Kajian Literatur Sistematis. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.36528.05120
Muhajirah. (2020). Dasar-dasar Teori Belajar: Behaviorisme, Kognitivisme, Konstruktivisme, dan Humanisme. https://doi.org/10.5281/zenodo.3939081
Nasrudin. (2023). 6 aspek perkembangan anak usia dini dan contohnya. Diakses dari https://tirto.id/6-aspek-perkembangan-anak-usia-dini-dan-contohnya-gMSz
Ningrum, M. A., Ningrum, L. D. C. N., & Hamidah, M. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan halang rintang pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133–5142. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4868
Novianti, R., Marega, D., & Wahyuni, D. (2024). Tebona: Permainan untuk melatih konsentrasi anak. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.19109/ra.v6i1.13292
Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk mengembangkan kemampuan kognitif berpikir logis dalam kegiatan menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP‑Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510
Rusli, M., Jud, J., Suhartiwi, & Marsuna. (2023). Pemanfaatan permainan tradisional sebagai media pembelajaran edukatif pada siswa sekolah dasar. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(4), 948–957. https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.948
Salsabela, E. (2022). Penilaian perkembangan kognitif anak usia dini melalui alat permainan edukatif pom pom. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 64–71.
https://doi.org/10.53515/CJI.2022.3.2.64 71
Upu, H., & Bustang. (2021). Konstruktivisme vs Teori Beban Kognitif: Mencari Pengajaran Matematika yang Efektif. arXiv (Repositori Pra-publikasi). https://doi.org/10.48550/arXiv.2108.04796
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v3i1.21765
Article Metrics
Abstract view : 123 timesPDF - 22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.