UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN BAHAN ALAM DI TK AL- IKHLAS KECAMATAN ANGKOLA SELATAN

Misrida Misrida, Jumaita Nopriani Lubis, Sri Wahyuni, Darliana Sormin, Mira Rahmayanti Sormin

Abstract


Kreativitas merupakan kemampuan seseorang untuk menghasilkan suatu produk, gagasan, atau metode yang baru dan berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Perkembangan kreativitas dipandang sebagai hal yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Salah satu usaha yang dilakukan dalam mengembangkan kreativitas anak di  TK Al- Ikhlas Kecamatan Angkola Selatan adalah melalui bermain bahan alam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Apakah media bahan alam dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan mengumpulkan data melalui: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun sebanyak 20 orang. Dari hasil penelitian didapatkan: Kreativitas anak usia 4-5 tahun di kelompok B TK Al-Ikhlas dapat ditingkatkan melalui media bahan alam. Hal ini dapat dibuktikan pada pra siklus kreativitas anak usia 4-5 tahun hanya sebesar 25 %. Pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 55 %, siklus II kembali terjadi peningkatan sebesar 85 %.


Keywords


Kreativitas; Media Bahan Alam; Anak Usia 4-5 Tahun

Full Text:

PDF

References


Aisyiah, N. A., & Pamungkas, J. (2023). Pemanfaatan Bahan Alam Lingkungan sebagai Media Pembelajaran Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6741–6749. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4606

Farikhah, A., Mar’atin, A., Afifah, L. N., & Safitri, R. A. (2022). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Loose Part. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 03(01), 61–73. https://doi.org/10.21154/wisdom.v3i1.3493

Fauziddin, M., & Mufarizuddin, M. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285. https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Harianja, A. L., Siregar, R., & Jumaita Nopriani Lubis. (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4871–4880. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5159

Hariarja, J., Siregar, R., & Lubis, J. N. (2023). Mewarnai sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini. 7(4), 4837–4847. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5158

Khamaliyah, A., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Pengaruh Bermain Pasir Kinetik Terhadap Kreativitas Anak. Jpp Paud Fkip Untirta, 6, 21–28. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/index%0APENGARUH

Lubis, J. N. (2019). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas X Sma Negeri 8 Padangsidimpuan. Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 67. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.793

Maliasih, Hartono, & Nurani, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Peta Konsep Pada Siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 222–226. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan kreativitas pada anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 124–129. https://journal.uii.ac.id

Oktarani, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam Dalam Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Kartika 1-63 Padang. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1, 49–57.

Rizkia, N., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Analisis Penggunaan Media Pasir Kinetik Dalam Menstimulasi Kecerdasan Naturalis Pada Anak Kelompok B1 Tk Pertiwi Lhoknga. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 1–12.

Sari, D. M., Hibana, H., Fatmawati, F., Meilasari, D., & Hukamak, S. (2023). Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Kolase Daun Kering Di Desa Tanjung Sari. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 8(2), 245. https://doi.org/10.18592/jea.v8i2.6535

Sumiati, S. (2017). Menjadi Pendidik Yang Terdidik [Become an Educated Educator]. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(01), 81–90. https://media.neliti.com/media/publications/288583-menjadi-pendidik-yang-terdidik-bb704ceb.pdf

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Wahyuni, S. (2020). Asesmen Aspek Perkembangan Nilai Agama dan Moral Menggunakan Teknik Penilaian Penugasan (Unjuk Kerja) di TK Al-Fadillah Kelompok (B) Usia 5-6 Tahun Sleman DIY.

KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 80. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9062




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i2.17962

Article Metrics

Abstract view : 1 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.