ANALISIS PENYEBAB KETERLAMBATAN BERBICARA PADA ANAK USIA 3 TAHUN DI RUMOH TERAPI TABINA

Mulya Riyyana, Jaizaton Muzil, Yeni Susanti, Hijriati Hijriati

Abstract


Keterlambatan bicara pada anak adalah bagian dari aspek perkembangan bahasa. Anak dapat dikatakan mengalami Speech Delay ketika kemampuan berbicaranya jauh dibawah rata-rata anak sebayanya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia 3 tahun di Rumoh Terapi Tabina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif. Metode deskripsi kualitatif ialah metode yang berdasarkan postpositivisme yang digunakan peneliti untuk meneliti kondisi objek yang alamiah, sesuai dengan fakta yang tampak. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab anak yang mengalami keterlambatan berbicara di Rumoh Terapi Tabina adalah kurangnya waktu orangtua terhadap anak, dimana anak dititipkan kepada pengasuh sehingga anak tidak mendapatkan stimulasi yang optimal berupa komunikasi dua arah antara orangtua dengan anak, Kemudian juga anak diberikan dan dibebaskan menggunakan gadget. Adapun penyebab lainnya  yaitu kurangnya teman seusia anak di lingkungan tempat tinggal anak, sehingga anak tidak memiliki teman untuk berkomunikasi.


Keywords


Penyebab; Keterlambatan Berbicara; Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Alfani. N. I. “Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia 6 Tahun”. Jurnal Preschool. Vol 2, No. 2, 2021.

Amanda. B. M, Abidin. Z. “Studi Ekploratif tentang Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Bicara Anak Usia Pra Sekolah”. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, Vol. 4 No.1, 2022.

Anisa. P. A, Enoh. Dewi. M. “Analisis Penyebab Keterlambatan Berbicara pada Salah Satu Anak Usia Dini”. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, Vol 3 No.1, 2023.

Annisa. D. P, Kholid. A. H, Jatmika. N. “Studi Kasus Bahasa Lisan Anak Terlambat Bicara: Kajian Psikolinguistik”. Jurnal Pesona, Vol 8 No.1, 2022.

Ardiyansyah. M. 2020. Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Kotabaru: Guepedia.

Bakoro. D. Sadar Parenting. Surabaya: Sastra Jendral Media.

Desiarna, S., Nafila, U., & Riau, U. I. (2023). SAJAK. 2, 97–105.

Gusriani. A, Putri. Zherry. Y. 2022. Psikolinguistik. Sumatera Barat: Azka Pustaka.

Hasibuan Rahmach. 2023. Strategi Pola Asuh Anak. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Ineu, Nenden H, dkk 2020 . Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Kemampuan, A., Berbicara, K., & Anak, P. (2022). JoECCE. 2.

Madyawati. L. Stategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Nahri, V. H. (2019). Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini, 8.

Nawaal. Y, Irwan. S. “Keterlambatan Berbicara pada Balita usia 3-4 Tahun di Lingkungan kp. Utan RT002/RW002 Jakasetia, Bekasi Selatan”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 7, No. 1, 2023.

Neherta. M, Mulyasari. I. 2023. Optimalkan peran dan Fungsi Keluarga (Anak dengan Keterlambatan Bicara). Jawa Barat: Adanu Abimata.

Nur Haerani. 2024. Mengenali Speech Delay (Keterlambatan Berbicara) Pada Anak. Jawa Tengah: Nasya Expanding Management.

Nurhikmah, dkk. “Faktor yang Berhubungan dengan kejadian Specch Delay pada Balita Usia 3-5 Tahun”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa dan Penelitian Keperawatan. Vol 3, No. 5, 2023.

P.Wati, D. R. (2021). GADGET DAN PENGARUHNYA PADA KETERLAMBATAN BERBICARA (SPEECH DELAY) PADA ANAK USIA DINI: LITERATURE REVIEW. Jurnal Kesehatan Tujuh Belas (Jurkes 17), 2(2).

Shinta. A. 2017. Cerita Inspiratif dan Tips Parenting Kekinian. Jakarta: Mizan Publika.

Sirjon, Farena. N. “Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal Panrita. Vol 2, No. 1, 2021.

Terra Aurelia, Nan Rahminawati, D. N. I. (2021). Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mempengaruhi Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Anak Usia 5,9 Tahun. Early Childhood Teacher Education, 2 (2)

Ulfa, M. (2015). SYAHADAT: Sebuah Pendekatan Dalam Mengoptimalkan Manajemen Berbasis Masyarakat. Jurnal Al Ijtimaiyyah, 1(1), 115.

Widyastusi, Ana. 2019. 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Elex Media Kompuntido.

Wulan, Fauzia, dkk. “Mengenali Dan Menangani Speech Delay Pada Anak”. Jurnal al-Shifa, Vol. 1 No. 2, 2020.

Zan, Herri. P. dkk. 2011. Pengantar Psikopatolo untuk Keperawatan. Jakarta: Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ipj.v2i1.16031

Article Metrics

Abstract view : 218 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.