ANALISIS MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH DASAR

(1) Aulia Putri Nasution Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(2) Exsa Lanty Sri Rezeki Sinaga Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(3) Heti Fadilah Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(4) * Julius Sinaga Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(5) Salsalina Br Surbakti Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(6) Sherinna Alya Rahmita Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(7) Siti Nurfadhilla Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(8) Theresya Br Kembaren Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
(9) Laurensia Masri Perangin-angin Mail (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Manajemen sangat penting untuk mencapai tujuan yang diharapkan dan tidak dapat dipisahkan dari komponen pendidikan secara keseluruhan. Tujuan yang ditetapkan oleh sekolah tidak akan tercapai tanpa manajemen. Hal pertama yang harus dipersiapkan saat menerima mahasiswa baru adalah perencanaan. Sekolah sebaiknya menganalisa keadaan sekolah agar penerimaan siswa baru dapat dilaksanakan dengan benar dan lancar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengelolaan penerimaan siswa baru di sekolah dasar. Tahapan penerimaan siswa baru yaitu pembentukan komisi penerimaan siswa baru, pertemuan untuk mengidentifikasi siswa baru, penyusunan, pengiriman atau pengumuman, pendaftaran calon siswa baru, pemilihan siswa baru, penentuan siswa yang diterima, dan pendaftaran ulang mahasiswa baru yang diterima. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur (pendekatan kualitatif). Adapun hasil penelitian adalah pengelolaan siswa baru di sekolah dasar yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan atau evaluasi dan pelaporan.

Keywords


Manajemen, mahasiswa, penerimaan, syarat pendaftaran, seleksi.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i1.167-172
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i1.167-172 Abstract views : 4565 | PDF views : 2401

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Asih, D., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar. Academy Of Education Journal, 12(2), 205-214.

Nizarman, N. (2015). Manajemen Penerimaan Siswa Baru. Manajer Pendidikan, 9(2).

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119-125.

Wianti, W. (2019). Pelaksanaan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Pada Sekolah Dasar Al-Fath Cirendeu Tangerang Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 7(1), 1-27.

Zainal, Z., Tuken, R., & Natsir, S. (2021). Studi Deskriptif Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Baranti Kabupaten Sidrap (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.