PENGARUH MEDIA BUSYBOOK DALAM PENGENALAN IDENTITAS GENDER UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN

(1) * Rohayani Komalasari Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(2) Rina Syafrida Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
(3) Ine Nirmala Mail (Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Penelitian ini bertujuan apakah media busybook berpengaruhi dalam kemampuan anak untuk memahami pengenalan identitas gender sejak dini. pada anak usia 4-5 tahun di TKQ An-Namlu Palumbonsari Karawang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental dan pretest posttest group desaign, menggunakan sampel 8 anak dikelompok A dan menggunakan 8 kali treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Busybook mempengaruhi kemampuan pengenalan identitas gender pada anak usia dini. Media busybook merupakan media yang digunakan dalam proses pengajaran selama peneliti menyampaikan informasi tentang pengenalan identitas gender pada anak usia dini. Dilihat dari jumlah skor rata-rata pada pretest 26,5. dan skor rata-rata pada posttest 48.12 selain itu, seperti dapat dilihat dari temuan tabel T-test sampel berpasangan, nilai T yang dihitung adalah 5.689 dengan sig (0.001) maka dari itu data tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media busybook sangat berpengaruh terhadap kemampuan pengenalan identitas gender pada anak usia 4 sampai 5 tahun.

Keywords


Busybook, pengenalan identitas gender pada anak, anak usia dini

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v6i1.119-127
      

Article metrics

10.31604/ptk.v6i1.119-127 Abstract views : 1183 | PDF views : 681

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Novitasari. (2018). Analisis Permasalahan "Perkembangan Kognitif Anak Usia Diniâ€. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal PendidikanAnak Usia Dini, Vol 2, No 1

Ummah Salimatul. (2021). Implementasi Pengenalan Gender Terhadap Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Bombix Di KB Nanda Ceria Bocek Karangploso Malang. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 3, No 1

Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sovitriana Rilla. 2019. Kajian Gender Dalam Tinjauan Psikologi. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Indarni Novita. (2012) Efektivitas cerita bergambar terhadap pemahaman peran gender pada anak ditaman kanak-kanak. Indonesia Journal of Early Chilhood Eduvation Studies.

Muppapoleornro. 2020. Implementasi gender dalam pengasuhan pembelajaran di PAUD permata Kurnia usia 4-6 tahun. Jakarta. Jurnal pendidikan anak usia dini

Sekretariat Negara RI., Undang-undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dan Undang-undang No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Cet. Ke II, (Jakarta: Visimedia, 2007), h.2

Syafrida Rina. (2016) “Stimulus Kecerdasan Sosial Emosional Anak Melalui Topeng Eduktif Dalam Bermain Peran Di Paud Cinta Ananda Banda acehâ€. Jurnal : Pendidikan Anak Usia diniâ€. Vol III, No. 1

Nirmala Ine dan Feronica. (2017). “Instrumen Pengetahuan Seksualitas Untuk Anak†Jurnal : Islamic Early Childhood Education. Vol 2. No. 2

Dewi S.E, dkk. (2022). “Penggunaan Media Mencari Jejak dalam Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Usia Dini†Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 19 No 1.

Wirman dan Yulia Afrianti. (2020) “Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstimulus Kemampuan Membaca Anakâ€â€. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4, No 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.