PEMANFAATAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA ISLAMIYAH SIBOLGA

(1) * Mujahiddin Sujarnas Pohan Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sibolga Tapanuli Tengah, Indonesia)
(2) Muhammad Natsir Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sibolga Tapanuli Tengah, Indonesia)
(3) Pandapotan Harahap Mail (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Sibolga Tapanuli Tengah, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Pemanfaatan bahan ajar pada penelitian mengenai lembar kerja siswa dengan adanya efektifitas meningkat untuk pembelajaran akidah akhlak di Mts Swasta Islamiyah Sibolga. Pada rumusan masalah terdapat bagaimana pemanfaatan dan efektifitas dalam memanfaatkan bahan ajar LKS pada pembelajaran aqidah akhlak di MTs Swasta Islamiyah Sibolga. Dengan demikian, diperoleh hasil penelitian bahwa dalam pemanfaatan LKS (1) pada proses pembelajaran LKS yang diajarkan dikelas membuat siswa dalam kondisi senang dengan kegiatan belajar mengajar telah terstruktur dan akan memudahkan dalam belajar di rumah pada meteri ajar aqidah akhlak. Kemudahan guru dalam penyampaian materi dengan pemanfaatan LKS serta dapat memberikan tambahan materi ketika belum terdapat dalam buku ajar. (2) LKS terhadap efektifitas pembelajaran akan mengalami peningkatan pada materi ajar aqidah akhlak di MTs Swasta Islamiyah Sibolga.

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v4i3.593-598
      

Article metrics

10.31604/ptk.v4i3.593-598 Abstract views : 845 | PDF views : 253

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Ahwa, D. F. (2014). Aliyah Ashri Di Pondok Pesantren “ As Shiddiqi Puteri †Jember. 14(1), 99–118. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35719/feno.v14i1.186

Ariaji, R., & Abubakar, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia di SMA/MA Kelas X Terinternalisasi Nilai-Nilai Karakter Siswa. Eksakta : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan MIPA, 32, 101–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v2i2.101-108

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka­tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.

Fathurrahman, A., Sumardi, Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivtas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843–850. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1334

Jumairi. (2015). Pemanfaatan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX SMP Negeri 5 Tenggarong. Jurnal Cemerlang, 3(1), 9–18.

Khusna, A. H., Yuwono, I., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berkarakteristik Rme Materi Barisan Dan Deret Untuk Kelas X. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(4), 739–745.

Misnawi. (2014). Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.56

Qomario, & Agung, P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Ipa Berbasis Ict Sebagai Media Pembelajaran. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 239–246. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i2.3190

Raharsiwi, A. A. (2014). Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dalam Pembelajaran Apresiasi Motif Batik Demak Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Undaan Kidul 2 Demak. Eduarts : Journal of Visual Arts, 3(1), 20–26. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/eduart.v3i1.4049

Rifa’i, A., & Hayati, R. (2019). Peran Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pengembangan Nilai-nilai Akhlak Siswa di MIN 13 Hulu Sungai Utara. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 86–96. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i2.249

Rofiah, N. H. (2016). Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak di Perguruan Tinggi. Fenomena, 8(1), 55–70. https://doi.org/10.21093/fj.v8i1.472

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02

Saadi, F., Halidjah, S., & Kartono. (2013). Peningkatan Efektivitas Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Media Tepat Guna Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 02 Toho. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(7). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i7.2460

Sipayung, T. N., & Simanjuntak, S. D. (2018). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (Las) Matematika Kelas X Sma Berbasis Variasi Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 160–167. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2994

Siregar, Yani Sukriah, et al. "Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Menarik pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Swasta HKBP 1 Padang Sidempuan." Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (2022): 69-75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.