 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)
 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)(2) Undang Ruslan Wahyudin
 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)
 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)(3) Taufik Mustofa
 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)
 (Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Singaperbangsa Karawang Jl.HS. Ronggo Waluyo, Puseur Jaya, Kec. Teluk Jambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat 41361, Indonesia)*corresponding author
| AbstractPeneliti melakukan penelitian ini didasari dengan yang melatar belakangi kemerosotan akhlak pada remaja khusus nya pada jenjang pendidikan menengah pertama dengan rendahnya kepribadian yang dimiliki yang disebabkan oleh kemerosotan akhlak. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi rendahnya akhlak yang dimiliki oleh siswa yaitu seperti budaya barat yang telah mengkontaminasi pendidikan agama islam sehingga budaya islam membias dan tidak berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan terhadap metode pendidikan akhlak dalam meningkatkan kepribadian siswa di SMP Nihayatul Amal Rawamerta. Jenis Penelitian ini merupakan jenis Kualitatif yang mana peneliti melakukan observasi dengan merumuskan hasil temuan dilapangan melalui penuangan dengan pendeskripisan kata-kata, dengan menggunakan pengumpulan data berupa wawancara, observasi, serta dokumentasi sebagai bahan untuk dapat memperoleh informasi yang ada dilapangan sebagai hasil dari penelitian. pengelolaan data hasil yang di temukan dilapangan menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan sebagai hasil dari temuan yang ditemukan dilapangan pada saat penelitian. Metode Pendidikan akhlak yang diterapkan di SMP Nihayatul Amal Rawamerta Karawang adalah dengan menjadikan Al-qur’an dan hadits Sebagai landasan berakhlak siswa untuk menumbuhkan karakter serta kepribadian melalui sumber ajaran agama islam tersebut. hal ini bertujuan untuk dapat menciptakan budaya islam pada lembaga pendidikan serta siswa yang memiliki akhlak mulia. KeywordsKata Kunci: Penerapan Metode, Pendidikan Akhlak. | 
| DOIhttps://doi.org/10.31604/ptk.v6i1.101-105 | Article metrics10.31604/ptk.v6i1.101-105 Abstract views : 404 | PDF views : 373 | Cite | Full Text Download | 
References
Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press
Al-Utsaimin, Muhammad Ibn Shalih. (1429). Min Musykilah asy-Syabab. Riyad: Mu‟asasah Syaikh Muhammad Ibn Shalih al-Utsaimin Al-Khairiyah.
Al-Utsaimin, Muhammad Ibn Shalih. (1429). Min Musykilah asy-Syabab. Riyad: Mu‟asasah Syaikh Muhammad Ibn Shalih al-Utsaimin Al-Khairiyah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
 
  
  
  
 




